Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel-Turkiye Pulihkan Hubungan Diplomatik, Ini Kata Erdogan ke Palestina

Kompas.com - 24/08/2022, 21:01 WIB
Danur Lambang Pristiandaru

Editor

Penulis: VOA Indonesia

ANKARA, KOMPAS.com - Upaya rekonsiliasi Turkiye dengan Israel sama sekali tidak akan mengurangi dukungan Ankara untuk perjuangan rakyat Palestina, kata Presiden Turkiye Selasa (23/8/2022).

Recep Tayyip Erdogan mengungkapkan hal itu ketika menerima kunjungan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Pemimpin Palestina itu tiba di Ankara seminggu setelah Turkiye dan Israel mengumumkan keputusan mereka untuk memulihkan hubungan diplomatik secara penuh dan saling menunjuk kembali duta besar untuk pertama kalinya sejak 2018.

Baca juga: Baru Saja Terjadi Kecelakaan, Bus Kembali Tabrak Lokasi yang Sama di Turkiye, Total 32 Orang Tewas

“Langkah-langkah yang diambil dalam hubungan kami dengan Israel tidak akan mengurangi dukungan kami untuk perjuangan rakyat Palestina,” kata Erdogan. “Sebaliknya, saudara-saudara Palestina kami juga menyatakan bahwa langkah-langkah ini akan berkontribusi pada solusi masalah Palestina dan memperbaiki situasi rakyat Palestina.”

Abbas tidak menyebut hubungan Turkiye-Israel dalam sambutannya, namun ia berterima kasih kepada Erdogan atas dukungannya selama ini.

“Saya ingin berterima kasih atas perhatian dan keramahan yang Anda tunjukkan kepada kami,” kata Abbas kepada Erdogan.

“Saya ingin menegaskan kembali rasa syukur kami atas fakta bahwa Turkiye dan pemerintahan Turkiye berada di pihak Palestina.”

Baca juga: Baru Bertemu Putin, Erdogan Pastikan Turkiye Berada di Pihak Ukraina

Kunjungan Abbas dianggap sebagai upaya Turkiye untuk menunjukkan bahwa negara itu tetap mendukung sekutu lama, meskipun tengah memperbaiki hubungan dengan saingan-saingannya.

Pekan lalu, Israel dan Turkiye mengumumkan bahwa keduanya memulihkan hubungan diplomatik setelah menjalani upaya rekonsiliasi selama berbulan-bulan.

Turkiye dan Israel sempat menjadi sekutu di kawasan, namun hubungan itu hancur di bawah Erdogan, yang mengkritik keras kebijakan-kebijakan Israel terhadap rakyat Palestina.

Sebaliknya, Israel keberatan akan dukungan Turkiye bagi kelompok militan Palestina, Hamas, yang menguasai Jalur Gaza.

Baca juga: Israel dan Turkiye Resmi Pulihkan Hubungan Diplomatik Skala Penuh

Kedua negara menarik duta besar mereka masing-masing pada tahun 2010, setelah pasukan Israel menyerbu armada pengangkut bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina yang tengah menuju Gaza, yang melanggar blokade Israel. Insiden itu mengakibatkan kematian sembilan aktivis Turkiye.

Menyusul upaya untuk memperbaiki hubungan, Turkiye menarik duta besarnya lagi pada 2018 setelah AS memindahkan kedutaannya di Israel ke Yerusalem.

Artikel ini pernah tayang di VOA Indonesia dengan judul Seminggu Normalisasi Hubungan dengan Israel, Erdogan: Turki akan Terus Dukung Palestina.

Baca juga: Turkiye Bersiap Kirim Kapal Pengebor, Yunani dan Siprus Meradang

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com