Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jack Ma Muncul di Eropa Setelah Hilang di China Selama 2 Tahun

Kompas.com - 30/07/2022, 13:30 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber NDTV

BEIJING, KOMPAS.com - Pengusaha China Jack Ma melakukan tur selama berminggu-minggu di Eropa setelah menghilang dari pandangan publik selama hampir dua tahun.

Hal ini menambah tanda-tanda bahwa pemerintah China mengurangi tekanan pada pengusaha itu, terutama saat ia mundur dari kerajaan bisnis yang membuatnya menjadi salah satu orang paling berkuasa di negara itu.

Dilansir NDTV, pendiri Alibaba Group Holding Ltd berusia 57 tahun itu telah muncul di restoran-restoran di Austria, berkeliling universitas di Belanda untuk belajar tentang pertanian berkelanjutan dan berlabuh yacht-nya dari pulau Mallorca Spanyol, menurut laporan Bloomberg dan media lokal.

Baca juga: KALEIDOSKOP INTERNASIONAL JANUARI 2021: Jack Ma Hilang | Penyerbuan Capitol Hill

Meskipun itu bukan perjalanan pertama Ma ke luar Cina sejak ia mengkritik pejabat Partai Komunis pada tahun 2020 atas pengaturan raksasa fintechnya, hal ini adalah langkah besar karena miliarder itu disarankan pemerintah China untuk tidak meninggalkan negara itu.

Ma harus membuat konsesi yang signifikan untuk keluar dari pengawasan China.

Setelah regulator penawaran umum, perusahaannya merombak operasi untuk mematuhi kontrol yang lebih ketat.

Perusahaannya juga telah membahas secara teratur dengan bank sentral negara bagaimana "memperbaiki" operasi.

Baca juga: Jack Ma Hilang Lagi dari Sorotan Publik

Pada tahun-tahun awal, keberhasilan Ant dalam layanan seperti pembayaran digital dan deposito pasar uang mengancam dominasi bank-bank besar yang didukung negara.

Ant juga secara lisan mengisyaratkan kepada regulator bahwa Ma berniat menyerahkan kekuasaannya atas perusahaan, menurut orang-orang yang akrab dengan masalah ini.

Mereka mengaku telah menyampaikan rencana tersebut kepada pejabat dan bank sentral selama bertahun-tahun.

Salah satu proposal yang sedang dipertimbangkan melibatkan pemindahan saham Ma ke eksekutif lain sehingga perusahaan dapat diawasi oleh komite, kata salah satu orang.

Baca juga: Dituding Dominasi Pasar, China Denda Perusahaan Jack Ma Puluhan Triliun

Dalam pengajuan minggu ini, Alibaba kembali menegaskan bahwa Ma "berniat untuk mengurangi dan setelah itu membatasi minat ekonominya langsung dan tidak langsung pada Ant Group dari waktu ke waktu" untuk persentase yang tidak melebihi 8,8 persen.

Ma saat ini memegang 50,52 persen hak suara di Ant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com