Kompas.com - 30/07/2022, 12:30 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Ibu dari tersangka yang terlibat dalam penembakan fatal mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dilaporkan merasa menyesal karena menyebabkan masalah bagi Federasi Keluarga untuk Perdamaian Dunia dan Unifikasi, yang juga dikenal sebagai Gereja Unifikasi.

Dilansir Yahoo News, Tetsuya Yamagami, 41 tahun, yang ditangkap setelah ia menembak Abe dari belakang pada 8 Juli 2022, menyatakan kebencian terhadap kelompok agama selama penyelidikan oleh polisi prefektur Nara.

Tersangka mengatakan kepada penyidik bahwa ibunya bangkrut setelah memberikan sumbangan besar kepada kelompok agama, yang akhirnya menyebabkan kehancuran keluarganya.

Baca juga: Penembak Shinzo Abe Akan Jalani Pemeriksaan Mental

Sebelum pembunuhan itu, Yamagami bahkan mengirim surat kepada seorang blogger yang mengatakan bahwa Gereja Unifikasi telah menghancurkan hidupnya, "menghancurkan keluarga saya dan membuatnya bangkrut," tulisnya.

Ibunda Yamagami dilaporkan telah memberikan sumbangan besar kepada gereja, di mana ia telah menjadi anggota selama lebih dari 20 tahun.

"Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa pengalaman saya selama itu terus menyimpangkan seluruh hidup saya," tulis Yamagami dalam sebuah surat.

Menurut paman Yamagami, keponakannya akan memanggilnya untuk meminta bantuan ketika ibunya meninggalkan anak-anaknya lapar dan sendirian saat menghadiri gereja.

Dia mengatakan bahwa ibunya menyumbangkan 100 juta yen (sekitar 1 juta dollar AS pada saat itu) ke gereja.

Baca juga: Pemakaman Kenegaraan Mantan PM Jepang Shinzo Abe Digelar 27 September 2022

Setelah bangkrut pada 2002, wanita itu terus menyumbang ke gereja dalam jumlah yang lebih kecil, di bawah prinsip "perdamaian dunia dan penyatuan."

Pada 11 Juli, gereja mengeluarkan siaran pers yang menyatakan jumlah sumbangan ditentukan oleh masing-masing anggota.

Halaman:
Sumber Yahoo News
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.