Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Bersitegang, Pemerintah China Kini Puji Jack Ma Ternyata Ini Alasannya

Kompas.com - 27/02/2021, 17:28 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber CNN

 BEIJING, KOMPAS.com - Jack Ma tampaknya mulai memenangkan sedikit dukungan dari Presiden China Xi Jinping.

Hubungan keduanya sempat tegang sejak akhir tahun lalu, yang berujung pada penerapan peraturan baru yang membatasi ruang gerak bisnis taipan teknologi China itu.

Melansir CNN pada Sabtu (27/2/2021), perusahaan Alibaba milik Jack Ma menjadi salah satu dari ratusan perusahaan yang mendapat pujian dari Xi minggu ini.

Apresiasi itu disampaikan dalam perayaan untuk mendukung kampanye penghapusan kemiskinan ekstrem yang diselenggarakan selama bertahun-tahun di negara itu.

Alibaba disebut sebagai "model" dari "pengentasan kemiskinan nasional," menurut sertifikat yang diterimanya dari pemerintah. Perusahaan memposting sertifikasi di akun Weibo-nya.

Alibaba minggu ini menarik perhatian karena membantu petani menjual produk pertanian senilai 155 miliar dollar AS (Rp 2,2 kuadriliun) melalui situs web e-commerce, untuk mendukung kampanye Xi.

Baca juga: Dikabarkan Hilang, Jack Ma Muncul di Video Berdurasi 50 Detik


Media pemerintah China juga memberikan apresiasi pada e-commerce tersebut. China Youth Daily yang dikelola pemerintah menerbitkan sebuah laporan pada Rabu yang memuji perusahaan atas inovasinya.

Alibaba disanjung karena telah menggunakan algoritma AI untuk membantu para petani beternak ayam, membantu orang menjual produk pertanian melalui streaming langsung, memberikan pendidikan dan pelatihan kepada wanita miskin di pedesaan, dan memberikan pinjaman ke daerah pedesaan melalui layanan perbankan online-nya.

Pujian yang didukung pemerintah adalah kabar baik bagi Alibaba dan Ma, yang selama berbulan-bulan mendapat tekanan yang semakin intensif dari Beijing. Khususnya terkait sektor teknologi negara itu, termasuk penyelidikan anti-trust terhadap perusahaannya.

Afiliasi teknologi keuangan digital raksasa, Ant Group, juga diharapkan menjalani restrukturisasi besar-besaran untuk memuaskan regulator Beijing.

Baca juga: China Diduga Akan Ambil Alih Alibaba dan Ant Group dari Jack Ma

Alih-alih berbangga dengan capaian entrepreneur negerinya, pemerintahan Xi justru menyampaikan kekhawatiran tentang jangkauan luas perusahaan pembayaran dan keuangan digital milik Ma.

IPO Ant Group yang sangat diantisipasi dibatalkan akhir tahun lalu setelah Ma mengkritik regulator China.

Ma kemudian sempat menghilang dari depan umum selama berbulan-bulan, sebelum dia muncul kembali sebentar pada Januari.

Setelah itu, kritik terhadapnya secara khusus muncul dari media pemerintah. Bulan lalu, dia tidak tercantum dalam daftar pemimpin bisnis utama China yang dikumpulkan oleh Shanghai Securities Journal.

Dan akhir tahun lalu, The People's Daily, corong Partai Komunis China, menerbitkan sebuah opini yang mendesak perusahaan teknologi mengambil lebih banyak tanggung jawab dan tidak terlalu fokus pada hasil jangka pendek.

Halaman:
Sumber CNN

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com