Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beruang Kutub Terlihat Berkeliaran Dekat Permukiman dengan Lidah yang Terjepit Kaleng Susu Kental Manis

Kompas.com - 24/07/2022, 21:33 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Sky News

DIKSON, KOMPAS.com - Seekor beruang kutub telah diselamatkan setelah lidahnya tersangkut dalam kaleng susu kental manis setelah terlihat berkeliaran di pos terdepan Arktik di Rusia utara.

Betina berusia dua tahun itu diselamatkan setelah ditemukan oleh penduduk setempat berkeliaran di gubuk-gubuk di sebuah desa di permukiman terpencil Dikson pada Rabu (20/7/2022).

Baca juga: Video Viral Tampilkan Domba Tersesat di Kota, Lalu Diantar Polisi AS ke Pemiliknya

Sky News mewartakan pada Jumat (22/7/2022), beruang itu diselamatkan oleh tim dari Kebun Binatang Moskwa yang terbang untuk melakukan operasi penyelamatan.

Petugas menenangkan hewan itu dengan panah bius, untuk kemudian mengeluarkan logam tajam dari mulutnya, dan mengobati luka di lidahnya.

Mikhail Alshinetsky, seorang dokter hewan dari kebun binatang tersebut, mengatakan beruang itu kurus dan sedikit dehidrasi tetapi luka-lukanya diperkirakan akan sembuh.

Svetlana Akulova, direktur jenderal Kebun Binatang Moskwa, mengatakan tahap penting berikutnya bagi beruang itu adalah pemulihannya dari anestesi, dengan spesialis mengawasi di dekatnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sky News (@skynews)

Baca juga: Dramatis, Video Penyelamatan Anak Gajah dan Induknya yang Masuk Lubang

Dalam sebuah laporan minggu ini, para ilmuwan dari Kanada dan AS telah memperingatkan bahwa beruang kutub yang lapar semakin beralih ke tempat pembuangan sampah untuk mengisi perut mereka.

Fenomena itu terjadi karena habitat beruang kutub menghilang terdampak perubahan iklim setelah banyak permukaan es mencair.

Para ilmuwan mengatakan sampah manusia menimbulkan ancaman yang muncul bagi populasi beruang kutub yang rentan, karena hewan menjadi lebih bergantung pada tempat pembuangan sampah di dekat komunitas utara di tempat-tempat seperti Rusia, Kanada, dan Alaska.

Baca juga: 50 Juta Kepiting Kanibal Serbu Permukiman Warga, Jalanan Ditutup

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com