Ukraina Temukan Hard Drive 100 GB Berisi Data Militer Rusia, Banyak Diberi Label “Rahasia“

Kompas.com - 03/07/2022, 09:32 WIB

KYIV, KOMPAS.com - Pasukan Ukraina menemukan hard drive 100 GB berisi data militer Rusia, sebagian besar diberi label "rahasia," termasuk rincian tentang peralatan dan latihan militer Rusia.

Kyiv Independent pada Sabtu (2/7/2022) melaporkan drive itu ini berisi rencana terperinci tentang divisi artileri udara Rusia dan dokumen resmi lainnya.

Baca juga: [POPULER NASIONAL] Analisis Dino Patti Djalal soal Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia | Babak Baru Perseteruan Sahroni dan Adam Deni

"Petugas penegak hukum Ukraina sekarang memiliki foto, karakteristik, salinan paspor, dan dokumen lain dari para penyerbu," kata Dinas Perbatasan Negara Ukraina sebagaimana dilansir Sky News.

Ada juga catatan latihan militer, makalah tentang kesiapan tempur, peta dan dokumentasi rahasia lainnya. Beberapa dokumen memiliki klasifikasi "sangat rahasia".

Layanan penjaga perbatasan Ukraina mengunggah beberapa rekaman yang ditemukan di hard disk, mencatat bahwa “data pribadi penjajah Rusia dapat membantu mengidentifikasi penjahat perang yang telah melakukan kejahatan selama invasi Rusia ke Ukraina.”

Sistem pertahanan udara yang ditampilkan dalam video yang dilaporkan berasal dari drive yang ditemukan memperlihatkan 9K33 "Osa" atau variasinya "Osa-AKM", yang sebelumnya terlihat digunakan oleh Rusia di Ukraina, menurut Newsweek dikutip dari Defense Express.

Baca juga: Rangkuman Hari ke-129 Serangan Rusia ke Ukraina, Ledakan Dahsyat Guncang Mykolaiv, Rusia Terus Gempur Lysychansk

Layanan Ukraina tidak merinci bagaimana data militer Rusia di Hard Drive 100 GB tersebut sampai ke tangan mereka.

Satu-satunya detail yang mereka sebutkan adalah bahwa itu ditemukan di wilayah Oblast Chernihiv utara. Ini adalah sebuah distrik utara yang berbatasan dengan Belarus dan merupakan titik invasi awal bagi militer Rusia yang sudah ditinggalkan pada akhir Maret – April.

Penemuan itu terjadi saat rudal Rusia terus menghantam kota-kota di seluruh Ukraina.

“Perang belum berakhir, kebrutalannya hanya meningkat di beberapa tempat, dan itu tidak dapat dilupakan,” kata Presiden Volodymyr Zelensky pada Sabtu (2/7/2022), mendesak semua warga Ukraina untuk “menyebarkan kebenaran tentang perang dan kejahatan penjajah.”

Halaman:
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.