Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cacar Monyet Menyebar ke Austria, Ceko, dan Slovenia

Kompas.com - 25/05/2022, 06:58 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

PRAHA, KOMPAS.com - Republik Ceko, Austria, dan Slovenia telah mengumumkan temuan kasus cacar monyet pertama mereka pada Selasa (24/5/2022).

Di Ceko, penyakit itu terdeteksi pada seorang pria di Rumah Sakit (RS) Universitas Militer Praha. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Kesehatan Masyarakat untuk Penyakit Menular Ceko, Pavel Dlouhy.

"Ini hanya masalah waktu, kami telah memperkirakan hal ini selama berhari-hari," kata Dlouhy kepada AFP.

Baca juga: Mengapa Kasus Cacar Monyet Tiba-tiba Muncul di Seluruh Dunia, Mungkinkah Ada Mutasi Virus?

Institut Kesehatan Masyarakat Nasional Ceko mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa penduduk Ceko yang sakit telah menunjukkan gejala penyakit itu setelah kembali dari festival musik di Antwerpen, Belgia pada awal Mei.

Sementara itu, di Austria, seorang pria, yang dirawat di RS di Wina dengan gejala cacar monyet, termasuk demam, pada Minggu (22/5/2022), telah dipastikan tertular penyakit tersebut, kata otoritas kesehatan Wina.

Sedangkan, di Slovenia, seorang pria, yang mengalami gejala setelah kembali dari Kepulauan Canary, juga telah dipastikan menderita cacar monyet, menurut otoritas kesehatan negara tersebur.

Selama beberapa hari terakhir, beberapa negara Eropa dan Amerika Utara termasuk Inggris, Perancis dan Amerika Serikat telah melaporkan kasus virus langka, yang endemik di beberapa bagian Afrika.

Otoritas medis mengatakan, bagaimanapun, bahwa risiko penyakit itu akan menyebar luas adalah rendah.

Baca juga: WHO: Vaksin Cacar Monyet Belum Diperlukan dan Ada Efek Sampingnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com