Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Harry Dituduh Hina Ratu Elizabeth II karena Akan Lewatkan Peringatan Kematian Pangeran Philip

Kompas.com - 12/03/2022, 21:06 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Harry pada Sabtu (12/3/2022) dituduh menghina Ratu Elizabeth II setelah mengumumkan akan melewatkan peringatan kematian Pangeran Philip.

Juru bicaranya mengonfirmasi bahwa Harry akan melewatkan acara peringatan di Westminster Abbey pada 29 Maret. Suami Meghan Markle tersebut dilaporkan bakal menghadiri Invictus Games yang dimulai di Belanda dua minggu kemudian.

Setelah berhari-hari halaman depan surat kabar The Sun didominasi berita invasi Rusia ke Ukraina, kali ini headline-nya berjudul "Penghinaan Harry kepada Phil".

Baca juga: Meghan Markle Disebut Pakai Bahasa Tubuh untuk Kendalikan Pangeran Harry

Penulis biografi kerajaan Angela Levin menuduh Harry yang kini tinggal di California melakukan "pemerasan" mengenai acara peringatan untuk kakeknya, Pangeran Philip, setelah Pemerintah Inggris menarik perlindungan kerajaannya.

Putra kedua pewaris takhta Pangeran Charles menghina Duke of Edinburgh (Philip) tetapi sebenarnya dia menghina ratu", kata Levin kepada media Inggris yang dikutip AFP.

Pangeran Philip--yang menikah dengan Ratu Elizabeth II selama 73 tahun--meninggal pada April 2021 hanya beberapa minggu sebelum ulang tahunnya yang ke-100.

Pemakamannya diadakan di bawah pembatasan ketat virus corona, dengan hanya 30 pelayat termasuk Harry. Ratu Elizabeth II duduk sendirian untuk mematuhi aturan pemerintah.

Mengingat sifat pemakaman yang terbatas, upacara peringatan bulan ini dimaksudkan untuk melakukan perayaan nasional atas umur panjang dan pengabdian Duke of Edinburgh.

Juru bicara Harry pada Jumat (11/3/2022) tidak memberikan alasan mengapa Pangeran Harry akan melewatkannya, tetapi mengatakan dia berharap untuk mengunjungi neneknya segera.

Pemakaman itu adalah salah satu dari dua kesempatan Harry kembali ke Inggris sejak dia dan Meghan keluar dari tugas-tugas kerajaan dan pindah ke Amerika dua tahun lalu.

Baca juga: Pemerintah Inggris Minta Maaf ke Ratu Elizabeth II atas Pesta Miras Saat Pemakaman Pangeran Philip

Sebagai hasil dari keputusan mereka, Pemerintah Inggris menarik perlindungan yang didanai pembayar pajaknya pada kunjungan kembali ke Inggris, dan keputusan itu ditentang oleh Harry di pengadilan.

Para kritikus mempertanyakan mengapa Harry merasa tidak aman mengunjungi Inggris tetapi tidak begitu saat ke Belanda untuk Invictus Games, acara olahraga yang ia dirikan untuk veteran militer penyandang disabilitas yang dimulai di Den Haag pada 16 April.

Pangeran Harry sedang syuting film dokumenter di balik layar tentang Invictus Games sebagai bagian dari kesepakatan senilai jutaan dollar AS dengan Netflix.

Sementara itu, Ratu Elizabeth II mundur dari kebaktian lain di Westminster Abbey untuk Commonwealth Day pada Senin (7/3/2022) setelah kesehatannya menurun termasuk serangan ringan Covid-19.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Bicara dengan PM Inggris meski Positif Covid-19

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com