Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Simpsons Ternyata Sempat Meramalkan Invasi Rusia ke Ukraina

Kompas.com - 25/02/2022, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

KOMPAS.com - Kartun The Simpsons sering dikreditkan dengan prediksi akan sesuatu. Kadang yang diprediksi begitu konyol, namun beberapa di antaranya amag mengerikan.

Dan, siapa sangka, invasi Rusia ke Ukraina yang dikomandoi Presiden Rusia Vladimir Putin pada Kamis (24/2/2022), juga sudah diramal Homer dkk?

Dilansir NY Post, setelah peristiwa tragis tersebut, pengguna Twitter yang cerdik menganalogikan konflik tersebut dengan episode tahun 1998 dalam serial kenabian yang disebut “Simpson Tide”.

Baca juga: Saat Kartun Ikonik The Simpsons Tayang Perdana pada 17 Desember 1987...

Di dalamnya, Homer secara tidak sengaja menembakkan seorang kapten kapal selam ke perairan Rusia selama latihan militer.

Hal mendorong Uni Soviet yang baru diresusitasi untuk mengerahkan pasukan dan tank ke jalan-jalan dan langsung mendirikan kembali Tembok Berlin.

Hal yang mengganggu namun ironisnya amat mirip dengan agresi Rusia ini ditegaskan oleh animator Simpsons Al Jean, yang mencuit: “Sangat sedih untuk mengatakan bahwa ini tidak sulit untuk diprediksi.”

"Saya benci mengatakannya, tetapi saya lahir pada tahun 1961, jadi 30 tahun hidup saya hidup dengan momok Uni Soviet,” tambah Jean, menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan Hollywood Reporter.

“Jadi, bagi saya, sayangnya ini lebih merupakan norma daripada prediksi. Kami baru saja mengira semuanya akan menjadi buruk. ”

Baca juga: The Simpsons Episode Tiananmen Hilang dari Disney+ di Hong Kong

Animator kelahiran Michigan itu melanjutkan, “Agresi historis tidak pernah benar-benar hilang, dan Anda harus sangat waspada. Pada tahun 1998, ketika klip ini ditayangkan, itu mungkin puncak dari hubungan AS-Rusia.”

“Tapi, sejak Presiden Rusia Vladimir Putin masuk, hampir semua orang menjelaskan bahwa dia orang jahat dan hal-hal buruk akan terjadi,” tambahnya.

Dalam perkembangan terakhirnya, pasukan Rusia memang sudah mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl setelah pertempuran singkat namun sengit dengan pasukan Ukraina.

Baca juga: Penerbangan Luar Angkasa Richard Branson Ternyata Sudah Diprediksi The Simpsons pada 2014

Selanjutnya, hal apalagi yang akan diramalkan The Simpsons? Memang tak selalu pas dan akurat, tapi harus dikatakan bahwa ramalannya memang mendekati nyata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com