Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cucu Presiden Brasil Positif Covid-19, Setelah Ayahnya Terinfeksi Usai ke AS Tanpa Divaksin

Kompas.com - 29/09/2021, 12:51 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

 

BRASILIA, KOMPAS.com - Menantu dan cucu perempuan Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang berusia 11 bulan dinyatakan positif Covid-19.

Heloisa Bolsonaro, yang menikah dengan Anggota Kongres Sao Paulo dan anak Presiden, Eduardo Bolsonaro, menyampaikan berita mengecewakan kepada pengikut Instagram-nya pada Senin (27/9/2021), empat hari setelah suaminya mengungkapkan bahwa dia terinfeksi.

Baca juga: Orang Keempat dari Delegasi Presiden Brasil di Sidang Umum PBB Positif Covid-19

Heloisa Bolsonaro menceritakan bahwa putrinya, Georgia Bolsonaro, hanya mengalami gejala ringan, termasuk demam dan pilek.

"Pada hari pertama kami merasa tidak enak, sekarang, syukurlah, kami baik-baik saja," tulisnya.

Dia mengeklaim berkat obat yang baru saja diminumnya, dia langsung sembuh secara menakjubkan.

“Syukurlah dia (anaknya) tidak demam lagi dan sangat bernafsu untuk makan dan bermain," tambah Heloisa Bolsonaro melansir Daily Mail pada Rabu (29/9/2021).

Menantu Presiden Bolsonaro mengaku perawatan untuk anaknya bersifat simtomatik. Novalgina untuk demam, anti alergi untuk meredakan pilek dan banyak mencuci hidung.

Ini kedua kalinya menantu presiden terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Kekeringan Parah Ancam Pasokan Listrik, Warga Brasil Diminta Berhenti Gunakan Lift dan Mandi Air Dingin

Putra Presiden Brasil yang juga Anggota Kongres Eduardo Bolsonaro, mengalami gejala saat kembali ke rumah setelah bergabung dengan delegasi perjalanan Presiden Jair Bolsonaro ke New York Amerika Serikat (AS), untuk Majelis Umum PBB.

Bolsonaro, yang menyampaikan berita Jumat pagi di Twitter, berkontak dengan kasus Covid-19 setelah Menteri Kesehatan Brasil Marcelo Queiroga menerima tes positif Selasa (21/9/2021), setelah pertemuannya dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson.

Queiroga saat ini berada di New York di bawah karantina.

Pedro Guimaraes, CEO pemberi pinjaman negara bagian Caixa Economica Federal, juga dinyatakan positif pada Minggu. Dia juga melakukan perjalanan ke New York dan telah diisolasi sejak Rabu (22/9/2021) sekembalinya ke Brasil.

Baca juga: Menkes Brasil yang Positif Covid-19 Sempat Salaman dengan PM Inggris

Presiden Bolsonaro, yang sudah terinfeksi virus pada 8 Juli 2020 dan memerlukan rawat inap, tidak menunjukkan gejala positif dan dinyatakan negatif pada Minggu (26/9/2021).

Berbeda dengan pemimpin sayap kanan Brasil, Ibu Negara Michelle Bolsonaro, yang dites positif pada 30 Juli 2020, divaksinasi selama kunjungannya baru-baru ini ke New York.

Putra tertuanya, Flavio Bolsonaro, tertular virus pada 2020, dan menerima suntikan imunisasi AstraZeneca dosis pertamanya pada 20 Juli 2021.

Presiden Bolsonaro, yang membandingkan Covid-19 dengan "sedikit flu" dan telah mengkritik tindakan penguncian Covid-19.

Pada April dia mengatakan hanya akan memvaksinasi dirinya sendiri ketika “orang Brasil terakhir”, telah melakukannya.

Menurut data yang diterbitkan oleh Universitas John Hopkins pada Selasa (28/9/2021), Brasil menempati peringkat kedua di dunia di belakang Amerika Serikat dengan 594.653 kematian akibat virus corona.

Negara Amerika Selatan itu berada di urutan ketiga dengan 21.366.395 kasus.

Baca juga: Dilarang Masuk Restoran karena Belum Vaksin, Presiden Brasil Kepergok Makan Berdiri di Pinggir Jalan AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com