Kompas.com - 19/08/2021, 11:15 WIB
Upacara Pengibaran Bendera di Daley Plaza, salah satu landmark di mana acara kenegaraan sering dilaksanakan di Chicago. Selasa (17/8/2021). KJRI CHICAGOUpacara Pengibaran Bendera di Daley Plaza, salah satu landmark di mana acara kenegaraan sering dilaksanakan di Chicago. Selasa (17/8/2021).

CHICAGO, KOMPAS.com - Dalam rangka merayakan HUT ke-76 Republik Indonesia, KJRI Chicago pada Selasa (17/8/2021) mengadakan Upacara Pengibaran Bendera di Daley Plaza, salah satu landmark di mana acara kenegaraan sering dilaksanakan di Chicago.

Bekerja sama dengan diaspora dan masyarakat Indonesia, acara pengibaran bendera ini tidak hanya menjadi menjadi acara penting bagi komunitas Indonesia di Midwest, tapi juga acara unjuk gigi kebudayaan Indonesia dan kontribusi diaspora Indonesia.

Para diaspora itu tergabung dalam komunitas Indonesia-Amerika ke beragamnya khasanah budaya di Chicago, salah satu kota multi-etnis terbesar di Amerika Serikat (AS).

Baca juga: KJRI Chicago Ajak WNI Aktif Cegah Aksi Kebencian

Acara ini juga mendapatkan peliputan dari stasiun tv nasional ABC 7.

Komunitas Indonesia-Amerika diakui juga oleh Wali Kota Chicago, karena telah memberikan kontribusi penting pada perkembangan dan pertumbuhan kota.

“Dengan melihat kontribusi yang sudah diberikan Komunitas Indonesia kepada kota Chicago, maka dengan ini 17 Agustus diumumkan sebagai Hari Ulang Tahun Peringatan Kemerdekaan Indonesia, dan kami mendorong agar masyarakat Chicago ikut merayakan momen yang penting ini setiap tahunnya,” demikian disampaikan Anel Marchan, Deputy Director Global Strategic Initiatives World Business Chicago, dalam pidatonya mewakili Wali Kota Lightfoot.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KJRI Chicago mengadakan Upacara Pengibaran Bendera di Daley Plaza, salah satu landmark di mana acara kenegaraan sering dilaksanakan di Chicago, Selasa (17/8/2021). KJRI CHICAGO KJRI Chicago mengadakan Upacara Pengibaran Bendera di Daley Plaza, salah satu landmark di mana acara kenegaraan sering dilaksanakan di Chicago, Selasa (17/8/2021).
Konsul Jenderal RI di Chicago, Meri Binsar Simorangkir, menyampaikan bahwa ”Indonesia dianugerahi oleh kekayaan alam dan khasanah budaya yang sangat kaya, dengan lebih dari 300 grup etnis hidup dengan harmonis di Indonesia dibawah semboyan Bhinneka Tunggal Ika atau unity in diversity."

"Kami harap bahwa setelah pandemi berakhir, masyarakat AS bisa berkunjung ke Indonesia dan menikmati semua kekayaan alam dan budaya yang Indonesia miliki.”

Ucapan Hari Kemerdekaan juga datang dari tamu-tamu VIP lainnya, termasuk Anggota Kongres Danny K Davis yang mewakili Gubernur Illinois, Cook County Treasurer Maria Pappas; dan Paul Van Halteren, Konsul Kehormatan Belgia yang hadir mewakili Ketua (Dean) Chicago Consular Corps.

Baca juga: KJRI Chicago Gandeng Q-Grader Terkemuka Kenalkan Varian Baru “Kopi Spesialti” Indonesia

Paul Van Halteren, yang sudah beberapa kali berkunjung ke Tanah Air dan bisa berbahasa Indonesia menyampaikan kekagumannya akan kekayaan budaya Nusantara, dan mengatakan bahwa dia selalu mendorong orang-orang untuk datang ke Indonesia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.