Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kastil Arundel di Inggris Dibobol Maling, Artefak Lebih dari Rp 20 Miliar Raib

Kompas.com - 25/05/2021, 18:34 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber CNN

LONDON, KOMPAS.com - Polisi Inggris memburu pencuri yang membobol kastil di selatan Inggris dan menggondol artefak yang sangat berharga, seperti berbagai emas, perak senilai lebih dari 1,4 juta dollar AS (sekitar Rp 20 miliar).

Alarm pencuri berbunyi di Kastil Arundel saat ada pembobolan pada Jumat (21/5/2021) pukul 22.30 waktu setempat, seperti yang dilansir dari CNN pada Senin (24/5/2021).

Baca juga: Kastil Drakula Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19 untuk Turis

Sejumlah item yang sangat bernilai sejarah dicuri dari lemari pajangan, menurut laporan Kepolisian Sussex yang dipublikasikan pada Minggu (23/5/2021).

Sejumlah artefak yang dicuri adalah cangkir penobatan dan manik-manik emas dari rosario yang dibawa oleh Mary, Ratu Skotlandia, ketika dia dieksekusi pada 1587 atas perintah sepupunya dari Inggris, Queen Elizabeth I.

Polisi mengatakan manik-manik rosario adalah bagian dari warisan nasional yang "tak tergantikan".

Baca juga: Keluarga Kerajaan Monako Berebut Hak Kepemilikan Kastil di Jerman

"Barang-barang yang dicuri memiliki nilai jual yang tinggi, tapi keunikan artefak-artefak koleksi Duke of Norfolk jauh tak turukur harganya dan sejarah tak ternilai harganya," ujar juru bicara pengurus Kastil Arundel.

"Oleh karena itu, kami mendesak siapa pun yang memiliki informasi untuk melapor ke polisi agar dapat membantu mengembalikan harta karun itu kembali ke tempat asalnya," lanjutnya.

Polisi sedang menyelidiki kendaraan yang dibuang yang ditemukan terbakar di dekat desa tak lama setelah pencurian itu terjadi.

Baca juga: Pemilik Kastil Setan Bernilai Rp 52,1 Miliar Mulai Merasakan Tempatnya Berhantu

Detektif Polisi Molly O'Malley dari Departemen Investigasi Kriminal Chichester menghimbau anggota masyarakat untuk melapor, jika melihat aktivitas mencurigakan di sekitar kastil pada Jumat malam (21/5/2201).

"Kastil itu hanya dibuka kembali untuk pengunjung pada Selasa, 18 Mei, jadi jika Anda berkunjung selama beberapa hari terakhir, apakah Anda ingat ada yang berperilaku mencurigakan?" kata O'Malley dalam pernyataan itu.

Kastil Arundel dibangun pada akhir abad ke-11 oleh Roger de Montgomery, Earl of Arundel, menurut situs kastil.

Baca juga: Kekayaan Putra Mahkota Arab Saudi, dari Kapal Pesiar sampai Kastil di Perancis

Kastil abad ke-11 itu pernah rusak parah dalam dua pengepungan selama Perang Saudara di Inggris, yaitu pada pertengahan abad ke-17. Perbaikan tidak dilakukan sampai sekitar 1718.

Proyek restorasi penuh diselesaikan pada 1900 oleh Henry, Duke of Norfolk ke-15 (1847-1917), yang memasang lampu listrik dan pemanas sentral.

Pembatasan aktivitas karena lockdown virus corona semakin berkurang di Inggris pada minggu lalu, dengan tempat-tempat wisata seperti rumah megah dan museum dibuka kembali, untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan.

Baca juga: Kastil Kaca Disney Seharga Rp 934 Juta Pecah Ditabrak 2 Bocah yang Berlarian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com