Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kastil Drakula Jadi Tempat Vaksinasi Covid-19 untuk Turis

Kompas.com - 09/05/2021, 19:45 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

BRAN, KOMPAS.com - Kastil Bran di Romania yang dikenal sebagai markas Drakula, menjadi tempat vaksinasi Covid-19 untuk turis setempat.

"Saya datang mengunjungi kastil bersama keluarga dan ketika saya melihat poster itu, saya mengumpulkan keberanian dan setuju untuk divaksin," kata insinyur berusia 39 tahun, Liviu Necula, dikutip dari AFP.

Mereka yang divaksin diberi sertifikat untuk memuji keberanian dan tanggung jawab, serta bakal diterima di kastil untuk 100 tahun mendatang juga ditawari tur gratis ke ruang penyiksaan.

Baca juga: Kisah Misteri: Vampir, dari Dracula sampai Twilight, Mitos atau Fakta?

Kastil Bran terletak di lembah berkabut pegunungan Carpathian, yang dikaitkan dengan pangeran Romania abad ke-15, Vlad Tepes.

Ia dikenal sebagai penipu meski tak pernah tinggal di sana.

Penulis Drakula, Bram Stoker, diyakini terinspirasi oleh Vlad dan deskripsi Kastil Bran ketika menulis novelnya pada 1897 yang mengawali cerita vampir modern.

Pemerintah Romania beralih ke program vaksinasi lokal dan maraton 24 jam di tempat-tempat utama, seperti Perpustakaan Nasional di Bukares agar ada sebanyak mungkin orang yang divaksinasi.

Baca juga: Kisah Misteri: Lady Dracula Elizabeth Bathory, Mandi Darah Gadis demi Awet Muda

"Pusat-pusat ini untuk semua orang yang ingin mendapat vaksinasi tetapi tidak ingin membuat janji secara online," kata direktur rumah sakit Marius Nasta Beatrice Mahler kepada AFP.

Namun dia menambahkan, masih sulit menjangkau orang-orang yang tinggal di banyak daerah tanpa dokter lokal.

Hampir 3,6 juta orang Romania dari total 19 juta populasi negara itu telah disuntik setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

Otoritas setempat menargetkan 5 juta orang sudah divaksin pada Juni.

Baca juga: Sebut Gigi Mirip Drakula, Seorang Perempuan Dicekik hingga Tewas oleh Kekasihnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com