Gencatan Senjata Israel-Hamas Tercapai, Menlu AS Segera Kunjungi Timur Tengah

Kompas.com - 21/05/2021, 13:50 WIB
Anthony Blinken saat berpidato di Concordia Summit 2016. GETTY IMAGES FOR CONCORDIA SUMMIT/BRYAN BEDDER via AFPAnthony Blinken saat berpidato di Concordia Summit 2016.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken akan segera mengunjungi Timur Tengah, setelah tercapai kesepakatan gencatan senjata Israel-Hamas.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price memberitahu rencana kunjungan Blinken tersebut pada Kamis (20/5/2021), menyusul keputusan gencatan senjata atas betrokan sengit 11 hari Israel dan Hamas.

Blinken berbicara dengan rekannya di Israel Gabi Ashkenazi, yang "menyambut baik rencana perjalanan Menteri Blinken ke wilayah itu", kata Price dalam sebuah pernyataan seperti yang dilansir dari AFP pada Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Hamas Klaim Kemenangan Usai Gencatan Senjata dengan Israel

Diplomat utama AS "akan bertemu dengan rekan-rekan dari Israel, Palestina, dan regional dalam upaya pemulihan dan bekerja sama untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi Israel dan Palestina," kata Price.

Pernyataan publik itu muncul setelah 2 kali Blinken berbicara dengan Ashkenazi pada Kamis (20/5/2021), menjelang implementasi gencatan senjata Israel dan Hamas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gencatan senjata Israel-Hamas berhasil disepakati atas upaya yang ditengai oleh Mesir dan tekanan internasional yang meningkat untuk menahan pertumpahan darah lebih besar lagi.

Baca juga: Israel-Hamas Gencatan Senjata, Warga: Terima Kasih, Tuhan

"Kedua pemimpin mengapresiasi usaha mediasi Mesir dan menteri (Blinken) mencatat bahwa dia akan terus berhubungan dekat dengan mitranya dari Mesir serta pemangku kepentingan regional lainnya," ungkap Price.

Blinken melakukan kunjungan ke Arktik sebelumnya dan pulang pada Kamis (20/5/2021) dengan bayangan konflik Israel-Palestina.

Di kamar hotel dan pesawat, Blinken berusaha membangun pembicaraan dahulu dengan para pemimpin Israel dan Palestina, serta dari negara-negara Arab yang memiliki pengaruh terhadap Hamas.

Baca juga: Israel dan Hamas Akhirnya Gencatan Senjata, Ini Respons Dunia

Blinken "menyambut baik konfirmasi menteri luar negeri (Israel) bahwa para pihak telah menyetujui gencatan senjata," kata Price.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.