Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA Pastikan Bumi Aman dari Asteroid Selama 100 Tahun

Kompas.com - 27/03/2021, 15:09 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber AP

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.com - NASA menyatakan Bumi aman akan aman dari bahaya asteroid yang sangat mengancam manusia selama satu abad ke depan.

Badan antariksa juga mengumumkan minggu ini bahwa pengamatan teleskop terbaru telah mengesampingkan kemungkinan Apophis menghantam Bumi pada 2068.

Apophis adalah batuan antariksa sebesar 1.100 kaki (340 meter) setara 3,5 kali lapangan sepak bola. Benda langit ini diyakini bergerak mendekati Bumi pada 2029 dan sekali lagi pada 2036.

NASA memastikan tidak ada kemungkinan terjadinya benturan dalam dua peristiwa benda langit dalam posisi berdekatan itu beberapa waktu lalu.

Namun potensi tabrakan 2068 masih belum jelas.

Baca juga: Setelah 2021, Asteroid Sebesar 3 Lapangan Bola Ini Akan Menuju Bumi Lagi 2052

Pertama kali terdeteksi pada 2004, Apophis sekarang secara resmi keluar dari "daftar risiko" asteroid NASA.

"Tabrakan 2068 sudah dipastikan tidak mungkin terjadi, dan perhitungan kami tidak menunjukkan risiko dampak setidaknya untuk 100 tahun ke depan," kata Davide Farnocchia dari Pusat Studi Objek Dekat-Bumi NASA, dalam sebuah pernyataan, Jumat (26/3/2021) melansir AP.

Para ilmuwan mampu memastikan kembali orbit Apophis di sekitar matahari berkat pengamatan radar awal bulan ini. Tepatnya ketika asteroid melintas dalam jarak 10,6 juta mil (17 juta kilometer).

Baca juga: Asteroid Sebesar 3 Lapangan Sepak Bola Capai Jarak Terdekat dengan Bumi, Ada Potensi Bahaya

Apophis akan datang dalam jarak 20.000 mil (32.000 kilometer) menuju Bumi pada 13 April 2029, memungkinkan para astronom untuk melihat dengan baik.

“Ketika saya mulai bekerja dengan asteroid setelah kuliah,Apophis digolongkan sebagai salah satu calon asteroid yang berbahaya (untuk bumi),” kata Farnocchia.

“Ada rasa kepuasan tertentu melihatnya dihapus dari daftar risiko.”

Baca juga: Asteroid Berukuran Lebih dari Tiga Lapangan Sepak Bola Mendekati Bumi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com