Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tipu Gurunya Saat Belajar Online di Zoom, Anak Ini Dijuluki Jenius

Kompas.com - 27/01/2021, 13:28 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

BRISTOL, KOMPAS.com - Seorang murid laki-laki dijuluki 'jenius' karena berhasil menipu gurunya selama pelajaran virtual melalui aplikasi Zoom selama berminggu-minggu, lapor Daily Mirror, Selasa (26/1/2021). 

Karena bosan dengan belajar virtual selama lockdown, murid laki-laki yang tidak disebutkan nama dan asalnya ini memiliki solusi cerdik untuk mengatasi kejenuhannya.

Cerita ini beredar di media sosial ketika seorang pembawa acara televisi Bristol, Inggris, Chris Arnold men-twit di Twitternya,

"Istri saya adalah seorang guru dan tampaknya seorang murid telah mengganti namanya menjadi 'reconnecting' [menghubungkan kembali] selama pelajaran via Zoom agar tidak ditanya. Murid itu melakukannya berminggu-minggu. Anak itu tidak perlu mengkhawatirkan tentang pendidikannya, dia sudah jenius."

Baca juga: 7 Momen Memalukan dan Mencengangkan saat Zoom Selama Pandemi

Twit itu menjadi viral dan telah dibagikan serta disukai ribuan kali. Seorang netizen menanggapi unggahan itu dengan bercanda,

"Saya tidak yakin apakah akan senang atau khawatir dengan masa depan anak ini ketika dia memilih karier politik kelak."

Yang lain mengatakan bahwa anak murid itu pergi ke mana-mana. Banyak juga netizen lain yang memiliki cerita serupa, mengatakan bahwa anak-anak yang seperti itu akan tumbuh baik-baik saja.

Seorang ayah mengunggah cerita 'hebat' lainnya, "Anak saya mengatakan beberapa temannya telah memasang gambar bergerak melingkar dari diri mereka sendiri yang menatap layar komputer sebagai foto profil mereka."

Baca juga: Kisahnya Bikin Kelas di Zoom Tak Dihadiri Murid Viral, Begini Kabar Si Guru Sekarang

"Juga banyak anak yang memiliki ruang obrolan pribadi untuk menyontek saat ujian atau jika seseorang dipanggil dalam pelajaran dan tidak memperhatikan."

Seorang teman dari orang tua itu menambahkan cerita lain, "Kedengarannya seperti anak saya! Saya pikir saya telah berhasil memutuskan koneksi WiFi agar dia bisa selesai bermain Xbox."

"Ternyata, dia lebih cerdas dari saya dengan menghubungkan hotspot selulernya dari ponsel ke Xbox-nya dan bermain selama berjam-jam!"

Yang lain bercerita, "Kami melihat buffering  [di layar zoom murid]" dan juga anak-anak menulis nama mereka menjadi nama anak lain di kelas dan kemudian menulis komentar kasar di kolom obrolan.

Baca juga: Masturbasi Saat Panggilan Zoom, Reporter The New Yorker Diskors

"Anda tidak dapat membuktikan siapa anak itu karena sekarang ada banyak anak dengan nama yang sama!"

Seorang guru menjawab, "Musim panas lalu seorang anak memasang profilnya ke foto berukuran 3/4 wajahnya yang menatap kamera dengan latar belakang dinding di kamarnya."

"Kamera yang menyorot menyala, tetapi Anda tidak tahu apakah dia aktif atau tidak," pungkas guru tersebut.

Baca juga: Sedang Mengajar Lewat Zoom, Profesor Ini Tiba-tiba Jatuh kemudian Meninggal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com