Dubes Korea Utara yang Membelot ke Korea Selatan Ternyata dari Keluarga Elite

Kompas.com - 25/01/2021, 21:26 WIB
Ilustrasi WiredIlustrasi

PYONGYANG, KOMPAS.com - Duta Besar Korea Utara untuk Kuwait yang dilaporkan membelot ke Korea Selatan bersama keluarganya pada 2019 rupanya berasal dari keluarga terpandang.

Melansir Korea Herald, diplomat bernama Ryu Hyun Woo sedang menjabat sebagai Dubes Korea Utara di Kuwait pada 2019 ketika membelot ke Korea Selatan bersama keluarganya dengan harapan "masa depan yang lebih baik".

Jika memang benar, ini adalah kedua kalinya seorang pejabat tinggi dari Pyongyang membelot ke Seoul sejak 2012, Kim Jong Un sudah berkuasa. Pada 2019, mantan Dubes Korut untuk Roma juga meninggalkan rezim Kim yang otoriter.

Ryu, adalah diplomat dengan pangkat tertinggi yang meninggalkan rezim sejak 1997, ketika Dubes Korut untuk Mesir melarikan diri ke Amerika Serikat (AS).

Laporan yang dirilis pada Senin (25/1/2021) mengatakan bahwa Ryu Hyun Woo tiba di Korsel pada September 2019 untuk mencari suaka. Selama itu, keberadaannya masih dirahasiakan dan kini baru terkuak.

Baca juga: Dubes Korea Utara Membelot ke Korsel Sejak 2019, Baru Ketahuan Sekarang

Berasal dari keluarga elite

Ryu ternyata berasal dari keluarga elite yang luar biasa. Ayah mertuanya, alumnus sekolah menengah atas di mana mendiang ayah Kim Jong Un bersekolah, telah menangani dana gelap yang dikelola keluarga Kim.

Ayah mertua Ryu digantikan oleh bawahan lamanya, menurut Kementerian Unifikasi yang bertanggung jawab atas urusan antar-Korea.

"Ryu adalah tokoh kunci di antara elit politik di Pyongyang," kata anggota parlemen Tae Young Ho dari partai oposisi People Power Party.

Tae Young Ho menjabat sebagai menteri di Kedutaan Besar Korea Utara di London sebelum melarikan diri ke Korea Selatan bersama istri dan dua putranya pada 2016.

Baca juga: Di Korea Utara, Menonton Drakor Bisa Dipenjara 15 Tahun

"Pengunduran dirinya [Ryu] adalah bukti terkikisnya dukungan untuk Kim di tingkat tertinggi," kata Tae.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X