Pertama Kalinya, Seorang Transgender Terpilih Jadi Anggota Senat di AS

Kompas.com - 04/11/2020, 14:19 WIB
Dalam file foto15 September 2020 ini, aktivis transgender Sarah McBride, yang berharap untuk memenangkan kursi di Senat Delaware, berkampanye di Claymont Boys & Girls Club di Claymont, Delaware, AS. AP Photo/Jason MintoDalam file foto15 September 2020 ini, aktivis transgender Sarah McBride, yang berharap untuk memenangkan kursi di Senat Delaware, berkampanye di Claymont Boys & Girls Club di Claymont, Delaware, AS.

DELAWARE, KOMPAS.com – Politikus dari Partai Demokrat Sarah McBride terpiih menjadi anggota Senat Negara Bagian Delaware, Amerika Serikat ( AS) dalam pemilihan umum ( pemilu).

Dia akan menjadi transgender pertama yang duduk di Senat setelah benar-benar dilantik sebagaimana dilansir dari Associated Press, Rabu (4/11/2020).

McBride mengalahkan Steve Washington dari Partai Republik untuk memenangkan kursi senat setelah pengunduran diri dari legislator terlama dalam sejarah Delaware.

Dia menang besar di daerah pemilihannya di Distrik 1 Delaware yang membentang dari utara Wilmington ke perbatasan Pennsylvania.

Sebelumnya, ada sejumlah transgender yang turut dicalonkan dalam pemilu. Namun hanya McBride yang berhasil lolos ke kursi Senat Delaware.

Baca juga: Raup Suara Tinggi, Pendukung Teori Konspirasi Jadi Anggota DPR AS

"Saya pikir hasil malam ini menunjukkan apa yang saya ketahui sepanjang hidup saya, yaitu bahwa penduduk distrik ini berpikiran adil, dan mereka melihat ide kandidat dan bukan identitas mereka," kata McBride Selasa (3/11/2020) malam waktu setempat.

McBride sempat magang di Gedung Putih di bawah mantan Presiden AS Barack Obama.

Dia membuat sejarah dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat 2016 sebagai transgender pertama yang berbicara di konvensi partai besar.

Dia menggantikan senator dari Partai Demokrat Harris McDowell, yang telah duduk di kursi Senat Delaware sejak 1976.

Baca juga: BERITA FOTO: Seperti Apa Pemilu Amerika di Tengah Pandemi?

McDowell bahkan dilaporkan mendukung pencalonan McBride untuk menggantikan dirinya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X