Pemuda Jepang Ciptakan Layanan Teman Bercerita untuk Tekan Angka Bunuh Diri

Kompas.com - 24/10/2020, 20:19 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang rata-rata mencatat sekitar 50 kasus bunuh diri setiap hari dan 160 ribu kasus pelecehan anak dalam setahun.

Layanan konseling melalui pesan singkat hadir untuk mereka yang depresi atau membutuhkan teman bercerita.

Angka bunuh diri yang meningkat di kalangan remaja Jepang membuat gelisah Koki Ozora. Pemuda berusia 21 tahun yang juga mengaku pernah tumbuh dalam kesepian dan depresi.

Melansir DW Indonesia pada Jumat (23/10/2020), organisasi nonprofitnya, "Anata no Ibasho" atau "Sebuah Tempat Untukmu" dijalankan seluruhnya oleh para relawan.

Anata no Ibasho menawarkan layanan pesan singkat 24 jam secara online bagi mereka yang mencari pendengar setia, sekaligus teman bercerita untuk menjawab setiap permintaan, bahkan dalam waktu 5 detik untuk situasi mendesak.

Baca juga: Kisah Misteri: Benarkah Cleopatra Bunuh Diri dengan Ular?

Layanan pesan online berbahasa Jepang ini telah berkembang sejak Maret dan kini telah beranggotakan 500 relawan.

Banyak dari mereka yang tinggal di luar negeri dengan zona waktu yang berbeda untuk menyediakan konseling selama jam-jam rawan tindakan bunuh diri, yakni antara jam 10 malam hingga subuh.

Ide Ozora berhasil diimplementasikan selama pandemi virus corona karena semua dilakukan secara virtual, termasuk pelatihan untuk para relawan. Layanan relawan secara online memang jarang ada di Jepang.

"Ini benar-benar memberi saya harapan. Mereka bilang ke saya bahwa mereka harus melakukan sesuatu," kata Ozora menanggapi banyaknya relawan.

Baca juga: Ledakan Bom Mobil Bunuh Diri di Afghanistan Tewaskan 13 Orang, 120 Orang Luka-luka

Stres dan dilecehkan

Ozora yang merupakan mahasiswa Universitas Keio, membuat situs Anata no Ibasho yang memungkinkan relawan yang lebih berpengalaman untuk mengawasi konseling. Informasi pelanggan dijamin kerahasiannya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X