Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER GLOBAL] Pesta Pernikahan Jadi Superspreader Virus Corona | Bakteri Penyakit Bocor dari Lab China, Ribuan Orang Terinfeksi

Kompas.com - 19/09/2020, 04:00 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

KOMPAS.com - Berita terpopuler dari kanal global datang dari Amerika Serikat (AS). Sebuah pesta pernikahan di pedesaan Maine, AS berujung maut.

Sementara itu, dari China dikabarkan bahwa ribuan orang di bagian barat laut China dinyatakan positif mengidap penyakit bakteri. 

Seperti apa kelanjutan beritanya? Selengkapnya simak di populer global edisi Jumat (18/9/2020) sampai Sabtu (19/9/2020) berikut ini.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Negara Kaya Disebut Sudah Borong Lebih dari Setengah Calon Vaksin Covid-19 | Nasionalisme Vaksin Berdampak pada COVAX, Ini Faktanya...

1. Pesta Pernikahan jadi Superspreader Virus Corona, 7 Tewas dan 177 Terinfeksi

 

Sebuah pesta pernikahan di pedesaan Maine, Amerika Serikat ( AS), berujung maut setelah menjadi superspreader virus corona yang menyebabkan 7 orang tewas dan 177 lainnya terinfeksi. \

Pernikahan pada awal Agustus itu dihadiri 65 orang, melanggar batas resmi 50 orang yang diizinkan berkumpul di sebuah pertemuan.

Seremoni di gereja dilanjutkan dengan resepsi di Big Moose Inn, keduanya berlokasi di Millinocket kota kecil di AS yang hanya berpopulasi 4.000 penduduk.

Selengkapnya baca di sini.

Baca juga: Pesta Pernikahan jadi Superspreader Virus Corona, 7 Tewas dan 177 Terinfeksi

2. Bakteri Penyakit Bocor dari Lab China, Ribuan Orang Terinfeksi

Ribuan orang di China barat laut dinyatakan positif mengidap penyakit bakteri, setelah kebocoran terjadi di pabrik biofarmasi milik negara yang membuat vaksin hewan tahun lalu.

Pejabat kesehatan di kota Lanzhou mengatakan, 3.245 orang telah terjangkit brucellosis, penyakit yang sering disebabkan oleh kontak dekat dengan hewan yang terinfeksi, atau produk hewani yang dapat menyebabkan demam, nyeri sendi, dan sakit kepala.

Kemudian 1.401 orang lainnya dinyatakan positif di tahap awal mengidap penyakit itu, dan otoritas kesehatan mengatakan sejauh ini tidak ada bukti penularan antarmanusia.

Selengkapnya simak di sini.

Baca juga: Bakteri Penyakit Bocor dari Lab China, Ribuan Orang Terinfeksi

3. Bagaimana 5 Pandemi Terburuk dalam Sejarah Berakhir?

Perkembangan peradaban manusia seiring dengan penyakit menular. Sejumlah besar orang tinggal berdekatan satu sama lain, dengan hewan, seringkali dengan sanitasi dan nutrisi yang buruk, semua itu membuat perkembang biakan subur bagi penyakit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com