Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Juli, Pegawai di Uni Emirat Arab Wajib Masuk Kerja

Kompas.com - 29/06/2020, 18:26 WIB
Danur Lambang Pristiandaru,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

Sumber Al Arabiya

ABU DHABI, KOMPAS.com - Pegawai sektor publik di Uni Emirat Arab dilaporkan akan kembali bekerja seluruhnya mulai 5 Juli.

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari upaya negara untuk kembali normal setelah pandemi Covid-19. Keputusan tersebut diumumkan pada Senin (29/6/2020) seperti dilansir pada Al Arabiya.

Namun, hal tersebut merupakan pengecualian bagi orang yang memiliki riwayat penyakit kronis yang dibuktikan dengan catatan medis yang disetujui oleh otoritas terkait. 

Para pegawai juga harus mengikuti semua protokol kesehatan yang sangat mengikat, termasuk menjaga jarak dan memakai masker.

Baca juga: Uni Emirat Arab Perpanjang Penutupan dan Disinfeksi Ruang Publik

Sebelumnya, otoritas Uni Emirat Arab juga akan membuka gedung gimnastik dan pusat olah raga di Abu Dhabi mulai 1 July. Keputusan tersebut diumumkan pada Sabtu (27/6/2020).

Aktivitas olah raga yang diperbolehkan seperti pusat kebugaran pria, pusat kebugaran wanita, pusat kebugaran, pusat biliar dan snooker, pusat yoga, pusat boling, dan gimnastik.

Kamera termal infra merah harus dipasang di pintu masuk dan seluruh peralatan wajib disterilisasi setiap dua jam, demikian menurut Dewan Olah Raga Abu Dhabi.

Hand sanitizer dan sabun juga harus disiapkan untuk memastikan para pengunjung maupun staf untuk terus mencuci tangan mereka.

Meski demikian, ruang ganti, shower, sauna, jacuzzi, dan ruang ibadah tetap ditutup.

Sebelum gedung gimnastik dan olahraga dibuka kembali, seluruh penyelenggara dan staf teknis harus dites. 

Baca juga: Jelang New Normal, Singapura Buka Lagi Rumah Ibadah dan Museum

Karyawan wajib memakai masker dan sarung tangan sepanjang waktu. Mereka juga diwajibkan menjaga jarak sejauh dua meter antara satu sama lain dan pengunjung. Hal itu juga diwajibkan bagi para pengunjung.

Kewajiban jaga jarak juga harus ditaati selama sesi latihan grup dan jumlahnya tidak lebih dari 40 persen dari kapasitas sesi.

Kendati pegawai sektor publik diharuskan masuk kerja dan fasilitas olah raga mulai dibuka, larangan memasuki Abu Dhabi tetap diberlakukan meski program sterilisasi nasional telah selesai dilakukan. 

Otoritas Uni Emirat Arab pekan lalu mengumumkan bahwa program sterilisasi nasional telah selesai dilakukan dan jam malam resmi dicabut.

Baca juga: Ketika Warga Paris Kembali Ngafe di Era New Normal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com