Kekesalan Memuncak, Harry dan Meghan Blokir 4 Media Besar Inggris

Kompas.com - 20/04/2020, 18:56 WIB
Pangeran Harry dan Meghan Markle Instagram/@sussexroyalPangeran Harry dan Meghan Markle

LONDON, KOMPAS.com - Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle telah memblokir 4 media besar Inggris karena dituduh menerbitkan cerita yang "menyimpang, salah, dan invasif tanpa alasan".

Dalam sebuah pernyataan keras kepada editor The Sun, Daily Mail, Mirror, dan Express, pasangan itu mengatakan "tidak akan ada pembenaran dan tidak ada keterlibatan" dengan keempat media itu lagi, menurut kabar dari The Guardian.

"Kebijakan ini bukan tentang menghindari kritik. Ini bukan tentang menutup percakapan publik atau menyensor pelaporan yang akurat," menurut salinan surat yang dibagikan wartawan media Financial Times, Mark Di Stefano, di Twitter.

Tetapi mereka tidak ingin digunakan sebagai "mata uang untuk ekonomi clickbait dan distorsi".

Baca juga: Diam-diam Harry dan Meghan Antarkan Bantuan bagi Warga California

"Duke and Duchess of Sussex telah merasakan orang yang mereka kenal - dan juga orang asing - membuat hidup mereka terpisah tanpa alasan yang baik, selain fakta bahwa gosip miring meningkatkan pendapatan iklan," tulis The Guardian.

The Guardian menggambarkan surat itu sebagai "serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada sebagian besar media".

Harry dan Meghan membuat pengumuman mengejutkan pada Januari bahwa mereka ingin undur diri dari tugas-tugas kerajaan Inggris dan hidup mandiri secara finansial.

Baca juga: Apa Perubahan dalam Diri Pangeran Harry setelah Hidup di AS?

Kepergian mereka - yang dijuluki "Megxit" oleh pers Inggris - menyusul laporan bahwa Meghan tidak senang dengan kehidupan kerajaan, dan keduanya mengeluhkan gangguan media.

Permusuhan pasangan itu terhadap beberapa media mencapai tindakan hukum tahun lalu. Harry menggugat dugaan penyadapan voicemail dan Meghan mengajukan klaim atas surat pribadi kepada ayahnya yang muncul di The Mail pada Minggu usai ayahnya membagikannya dengan tabloid itu.

Kantor berita AFP mengabarkan, sidang pendahuluan dalam kasus ini akan diadakan akhir pekan ini.

Baca juga: Profil Meghan Markle, Aktris Cantik Istri Pangeran Harry

Halaman:

Sumber AFP
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X