Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahir di Tengah Covid-19, Seorang Bayi Dinamai "Sanitiser" oleh Orangtuanya

Kompas.com - 20/04/2020, 18:32 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Orangtua di India memberikan nama yang tak lazim bagi bayi mereka, Sanitiser, sebagai pengingat dia lahir di tengah Covid-19.

Suami istri itu memutuskan memberi nama anaknya demikian tidak hanya sebagai pengingat. Tetapi juga menekankan langkah pengamanan di tengah wabah.

Si ayah, Omvir Singh dari Saharanpur, India, memutuskan memberi nama si bayi Sanitiser karena punya kemampuan memerangi Covid-19.

Baca juga: Melahirkan di Tengah Lockdown, Ibu di India Namai Bayi Kembarnya Corona dan Covid

Dikutip Kidspot via Daily Mirror Minggu (19/4/2020), Singh menerangkan staf medis tersenyum ketika dia memberi nama si bayi Sanitiser.

"Kapan pun orang membicarakan virus corona, mereka akan mengingat adalah sanitiser yang telah menyelamatkan mereka," ucap Singh bangga.

Dia menuturkan, semua orang bertarung melawan wabah. Mulai dari Perdana Menteri Narendra Modi hingga rakyat biasa. "Ini bentuk kontribusi kami," kata dia.

Singh bukan orangtua pertama di India yang memberikan nama unik di tengah wabah. Seorang ibu sebelumnya menamai anak kembarnya Corona dan Covid.

Ibu bernama Preet Verma itu mengatakan, putra dan putri kembarnya itu akan mengingat mengapa mereka diberi nama demikian.

Dia menyatakan, pandemi yang sudah menjangkiti lebih dari dua juta orang di seluruh dunia sejak Desember 2019 sangatlah berbahaya.

"Tetapi di sisi lain, orang-orang juga fokus untuk mengubah perilaku mereka untuk lebih higienis, dan fokus kepada sanitasi. Jadi, saya memikirkan nama ini," ungkapnya.

Dia juga menerangkan dua nama itu juga untuk menggambarkan rasa bahagia yang dia dapatkan sebagai ibu di tengah penyebaran Covid-19.

Meski begitu, Verma mengakui ketika anaknya sudah besar, dia mempertimbangkan untuk mengganti nama keduanya.

Baca juga: Pasien Positif Covid-19 Cianjur Meninggal Setelah Lahirkan Bayi Kembar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com