Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Hamas Bebaskan Abigail | Netanyahu ke Gaza

KOMPAS.com – Berita Hamas membebaskan anak perempuan asal Amerika Serikat bernama Abigail (4) memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada berita Benjamin Netanyahu mengunjungi Jalur Gaza yang menjadikannya sebagai PM Israel pertama yang melakukan hal itu dalam dua dekade terakhir.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni terkait kondisi warga Israel berusia 84 tahun kritis dan harus dilarikan ke ICU tak lama setelah dibebaskan oleh Hamas.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Senin (27/11/2023) hingga Selasa (28/11/2023) pagi yang dapat Anda simak:

1. Hamas Bebaskan Abigail, Anak 4 Tahun yang Kedua Orangtuanya Tewas di Israel

Hamas pada Minggu (26/11/2023) membebaskan anak perempuan asal Amerika Serikat (AS) bernama Abigail (4) yang disandera di Gaza.

“Dia sudah bebas dan berada di Israel sekarang,” kata Presiden AS Joe Biden kepada wartawan tak lama setelah tentara Israel mengumumkan, 17 sandera dibebaskan oleh Hamas.

“Dia mengalami trauma parah,” lanjut Biden,

Baca selengkapnya di sini

2. Netanyahu Kunjungi Gaza, PM Israel Pertama yang Melakukannya dalam 2 Dekade

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Minggu (26/11/2023) mengunjungi Jalur Gaza, menjadikannya PM Israel pertama yang melakukannya dalam dua dekade.

Netanyahu menyambangi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) yang ditempatkan di sana dan diperlihatkan terowongan bawah tanah Hamas.

"Kami melanjutkannya sampai akhir, sampai kemenangan,” kata Netanyahu, dikutip dari Jerusalem Post. Ia berjanji melanjutkan perang sampai mengusir Hamas dari Gaza.

Baca selengkapnya di sini

3. Usai Dibebaskan Hamas, Warga Israel Usia 84 Tahun Kritis dan Dilarikan ke ICU

Elma Avraham, warga Israel berusia 84 tahun yang dibebaskan Hamas pada Minggu (26/11/2023), kondisinya kritis dan langsung dilarikan ke unit perawatan intensif (ICU) Pusat Medis Soroka di Israel selatan.

Kepala Pusat Medis Soroka yaitu Shlomi Codish mengatakan, Avraham kritis karena tidak dirawat dalam beberapa pekan terakhir saat ditahan Hamas.

Avraham yang merupakan seniman ditawan bersama beberapa orang lainnya sejak 7 Oktober 2023 ketika Hamas melancarkan serangan besar ke Israel.

Baca selengkapnya di sini

4. Atlet Thailand Ini Tembak Mati Pengantinnya di Pesta Pernikahan

Seorang atlet para-atletik Thailand membunuh pengantinnya dan empat orang lainnya di resepsi pernikahan mereka sebelum menembakkan pistol ke dirinya sendiri pada Sabtu (25/11/2023).

Atlet Thailand penyandang disabilitas tersebut bernama Chaturong Suksuk yang telah berusia 28 tahun.

Dia padahal tercatat cukup berprestasi. Sebagai perenang, Chaturong pernah meraih dua medali perak pada ASEAN Para Games 2022 di Indonesia.

Baca selengkapnya di sini

5. 3 Mahasiswa Palestina Ditembak di Vermont AS

Tiga mahasiswa Palestina yang berkuliah di perguruan tinggi AS ditembak pada Sabtu (25/11/2023) malam di Kota Burlington, Vermont, dan hingga Minggu (26/11/2023) masih dirawat di rumah sakit, demikian menurut sekolah almamater mereka di Tepi Barat.

Dalam unggahan Facebooknya pada Minggu, Ramallah Friends School mengatakan, ketiga alumninya itu ditembak di dekat Kampus Universitas Vermont.

Ketiganya adalah Hisham Awartani, yang berkuliah di Universitas Brown di Rhode Island, Kinnan Abdel Hamid dari Haverford College di Pennsylvania, dan Tahseen Ahmed, yang kuliah di Trinity College di Connecticut.

Baca selengkapnya di sini

https://www.kompas.com/global/read/2023/11/28/052400670/-populer-global-hamas-bebaskan-abigail-netanyahu-ke-gaza

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke