Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[UNIK GLOBAL] Semangka dan Palestina | Kisah Cabai Terpedas Pepper X

JAKARTA, KOMPAS.com – Dalam sepakan terakhir, kanal Global Kompas.com bukan saja menyajikan berita-berita serius, melainkan juga berita unik Internasional.

Ini termasuk, cerita awal mula semangka menjadi simbol dukungan kepada Palestina.

Sementara itu, Guinness World Records menobatkan Pepper X sebagai cabai terpedas di dunia, mengalahkan cabai Carolina Reaper yang bertahan di puncak selama sepuluh tahun terakhir.

Berikut adalah rangkuman daftar artikel-artikel Unik Global selama Minggu (29/10/2023) hingga Sabtu (4/11/2023) yang dapat Anda simak:

1. Bagaimana Awal Mula Semangka Jadi Simbol Dukungan pada Palestina?

Semangka mungkin merupakan buah paling ikonik yang mewakili Palestina.

Tumbuh di seluruh Palestina, dari Jenin hingga Gaza, buah ini memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina, yakni merah, hijau, putih dan hitam.

Tak heran semangka digunakan untuk memprotes penindasan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina.

Baca ulasan selengkapnya di sini

2. Kisah Cabai Terpedas di Dunia, Pepper X, dan Penemunya

Guinness World Records menobatkan Pepper X sebagai cabai terpedas di dunia, mengalahkan cabai Carolina Reaper yang bertahan di puncak selama sepuluh tahun terakhir.

Sebagai perbandingan, satu cabai habanero biasanya memiliki tingkat kepedasan mencapai 100.000 unit panas Scoville (SHU--ukuran kepedasan cabai). Pepper X mencapai hingga 2,69 juta unit SHU.

Petani Ed Currie di Amerika Serikat adalah pencipta kedua cabai yang memecahkan rekor terpedas di dunia itu.

Baca kisah selengkapnya di sini

3. Iklan Grafis Pro-Israel Muncul di Game Anak-anak

Iklan grafis yang menampilkan konten pro-Israel muncul di game anak-anak di Eropa.

Maria Julia Cassis menjadi salah satu orang tua yang mendapatinya.

Saat sedang duduk makan di rumahnya di London utara, Inggris, ia mendapati putranya yang berusia 6 tahun berlari ke ruang makan dengan wajah pucat.

Baca selengkapnya di sini

4. Kereta di Jepang Tabrak Beruang, Penumpang Terjebak di Gerbong Semalam

Sebuah kereta api di Kota Furano, Pulau Hokkaido, Jepang, menabrak beruang sehingga delapan orang di gerbong terjebak semalam.

Operator kereta yaitu Japan Railways (JR) pada Rabu (1/11/2023) mengatakan, para penumpang itu terjebak di gerbong tanpa pemanas di wilayah utara Jepang yang dingin.

Kereta kecil ini bertabrakan dengan beruang setinggi 1,8 meter pada Senin (30/10/2023) sekitar pukul 23.30 waktu setempat.

Baca selengkapnya di sini

5. Salah Penerjemahan, Turis Asing Salah Sebut "Granat" saat Pesan Jus di Portugal, Polisi Berdatangan

Seorang turis di Portugal mengambil tindakan ekstrem dengan secara tidak sengaja memicu ketakutan akan bom karena kesalahan penerjemahan istilah lokal untuk kata "delima".

Menurut The Telegraph, seorang penutur bahasa Rusia berusia 36 tahun dari Azerbaijan sedang mencoba memesan jus delima di sebuah restoran di Lisbon.

Dia menggunakan aplikasi bahasa untuk menerjemahkan kata "delima" ke dalam bahasa Portugis, tetapi aplikasi tersebut memberikan terjemahan yang salah.

Baca selengkapnya di sini

https://www.kompas.com/global/read/2023/11/05/053600670/-unik-global-semangka-dan-palestina-kisah-cabai-terpedas-pepper-x

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke