Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Tesla dengan Sistem Kemudi Otopilot Tabrak Truk Berhenti di AS

PENNSYLVANIA, KOMPAS.com - Sebuah mobil Tesla dengan sistem kemudi otopilot menabrak truk dalam kondisi berhenti di jalan raya di Negara Bagian Pennsylvania, Amerika Serikat, pada Jumat (23/6/2023) malam.

Kepolisian Negara Bagian Pennsylvania pada Senin (26/6/2023) menceritakan, mobil Tesla sedang melakukan perjalanan di jalur tengah ketika menabrak bagian belakang truk-semi Freightliner yang diparkir di jalur yang sama dan sedang menyiapkan kontrol lalu lintas untuk penutupan jalur kanan.

Polisi mengatakan, mobil kehilangan kendali ketika menggunakan sistem otopilot.

Sebagaimana dikutip dari Reuters, Kepolisian Pnnsylavania menambahkan bahwa pengemudi mobil Tesla tersebut, yakni laki-laki berusia 18 tahun, telah didakwa mengemudi dengan ceroboh.

Polisi mengatakan, tidak ada korban luka yang dilaporkan dalam insiden mobil Tesla menabrak kendaraan lain kali ini.

Reuters melaporkan, Tesla, yang tidak memiliki departemen hubungan masyarakat, tidak menanggapi permintaan komentar atas insiden ini.

Setidaknya, regulator AS tercatat telah menyelidiki serangkaian kecelakaan di mana kendaraan Tesla dengan sistem kemudi otopilot bertabrakan dengan kendaraan darurat yang diparkir.

Pada Februari, Tesla Model S menabrak truk pemadam kebakaran stasioner di Walnut Creek, California.

Kecelakaan itu dilaporkan menewaskan pengemudi mobil dan memicu penyelidikan oleh Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS.

Tesla mengatakan, otopilot memungkinkan mobil untuk mengarahkan, mempercepat, dan mengerem secara otomatis di dalam jalurnya.

Namun, fitur tersebut dikatakan tetap memerlukan pengawasan secara aktif dari pengemudi dan tidak membuat kendaraan menjadi otonom.

https://www.kompas.com/global/read/2023/06/27/075600170/mobil-tesla-dengan-sistem-kemudi-otopilot-tabrak-truk-berhenti-di-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke