Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER GLOBAL] Jakarta Terancam Tenggelam | Media Singapura: Megawati-Jokowi Renggang

JAKARTA, KOMPAS.com – Berita yang memuat pernyataan profesor oseanografi di University of Rhode Island, AS bahwa Jakarta tenggelam jauh lebih cepat memuncaki daftar Populer Global kali ini.

Di bawahnya, ada artikel yang memuat intisari laporan media Singapura tentang hubungan Megawati dan Jokowi memburuk setelah pencapresan Ganjar Pranowo.

Berita di kanal Global Kompas.com yang paling banyak dibaca selanjutnya, yakni memuat rangkuman perang Rusia-Ukraian hari ke-463.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman daftar Populer Global edisi Jumat (2/6/2023) hingga Sabtu (3/6/2023) pagi yang dapat Anda simak:

1. Profesor AS: Jakarta Tenggelam Jauh Lebih Cepat

Beberapa kota di seluruh dunia, seperti Jakarta, tenggelam jauh lebih cepat dibandingkan yang lain.

“Di beberapa kota, kami melihat penurunan beberapa sentimeter per tahun,” kata Profesor oseanografi di University of Rhode Island, Steven D’Hondt.

Pada level ini, Profesor AS itu memperingatkan, Jakarta tenggelam jauh lebih cepat dibandingkan kenaikan permukaan laut.

“Butuh pencairan es yang meningkat pada level tertentu sampai kedua level itu bertemu,” jelas Steven D’Hondt.

Baca selengkapnya di sini

2. Media Singapura Laporkan Hubungan Megawati dan Jokowi Memburuk karena Pencapresan Ganjar

Hubungan antara Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhir-akhir ini menjadi sorotan.

Terbaru, surat kabar terkemuka Singapura The Straits Times menerbitkan berita pada Kamis (1/6/2023) sore mengenai memburuknya hubungan kedua politisi PDIP itu.

Isu keretakan ini dilaporkan disebabkan karena deklarasi pencapresan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo oleh PDIP pada 21 April lalu.

Baca selengkapnya di sini

3. Rangkuman Hari ke-463 Serangan Rusia ke Ukraina: Warga Irak Bertempur Lawan Wagner, Jalan Chernihiv Diledakkan Rusia

Masih ada beberapa hal baru yang terjadi mewarnai perang Rusia-Ukraina hari ke-463 pada Kamis (1/6/2023).

Ini termasuk, seorang warga Irak yang bertempur dengan pasukan tentara bayaran Grup Wagner Rusia dilaporkan tewas di Ukraina pada awal April.

Sementara itu, penembakan Rusia di wilayah Vovchansk di Kharkiv Ukraina dilaporkan menewaskan seorang pria berusia 60 tahun.

Rangkuman perang selengkapnya dapat dibaca di sini

4. Tak Diizinkan AS, Maskapai China Hindari Terbang di Wilayah Rusia

Maskapai penerbangan China menghindari terbang di atas wilayah udara Rusia dalam penerbangan yang baru disetujui ke dan dari Amerika Serikat, menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware dan pejabat industri.

Rusia telah melarang maskapai penerbangan AS dan maskapai asing lainnya terbang di atas wilayah udaranya, sebagai pembalasan atas AS yang melarang penerbangan Rusia di atas AS pada Maret 2022 setelah negara itu menginvasi Ukraina.

Catatan FlightAware menunjukkan penerbangan China yang baru-baru ini disetujui oleh Washington tidak terbang di atas Rusia, sementara penerbangan AS maskapai penerbangan China yang sebelumnya disetujui masih menggunakan wilayah udara Rusia.

Baca selengkapnya di sini

5. Joe Biden Sebut Swedia Segera Gabung NATO

Presiden AS Joe Biden memperkirakan pada Kamis (1/6/2023) bahwa Swedia akan segera bergabung dengan NATO.

Biden mengutarakannya saat berbicara di Akademi Angkatan Udara AS beberapa hari setelah dia mengisyaratkan kemungkinan kesepakatan untuk mengatasi penentangan Turkiye yang tidak mengakui negara Nordik itu ke aliansi.

Biden, dalam pidato pembukaan yang mengibarkan bendera di Colorado Springs, Colorado, memperingatkan para lulusan bahwa mereka akan memasuki dunia yang semakin tidak stabil, mengutip tantangan dari Rusia dan China.

Baca selengkapnya di sini

https://www.kompas.com/global/read/2023/06/03/060300470/-populer-global-jakarta-terancam-tenggelam-media-singapura--megawati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke