Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rangkuman Hari ke-275 Serangan Rusia ke Ukraina: Situasi Ukraina Tanpa Listrik | Rusia Keluarkan Paspor untuk Wilayah yang Direbut

"Sepertiga rumah di Kyiv sudah memiliki pemanas dan spesialis terus memulihkannya. Separuh dari konsumen masih tanpa listrik," menurut Klitschko.

Dilihat dari luar angkasa, Ukraina telah menjadi petak gelap di dunia pada malam hari, gambar satelit NASA menunjukkan.

Hal ini jadi sorotan dalam rangkuman hari ke-275 serangan Rusia ke Ukraina Jumat (25/11/2022). Dilansir AFP dan Reuters, berikut rangkuman informasi lainnya.

Situasi Perang

- Ibu negara Ukraina Olena Zelenska mengatakan kepada BBC bahwa Ukraina akan bertahan musim dingin yang akan datang ini meskipun dingin dan pemadaman listrik yang disebabkan rudal Rusia.

- Pengeboman Rusia terhadap Kherson menewaskan sedikitnya empat orang dan melukai 10 lainnya, kata gubernur wilayah itu.

- Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan tidak akan ada perdamaian abadi di Ukraina jika Rusia memenangkan perang, menambahkan bahwa aliansi militer Barat tidak akan mundur dalam mendukung Kyiv.

- Rentetan terbaru serangan Rusia menewaskan 11 orang dan menutup semua pembangkit nuklir Ukraina untuk pertama kalinya dalam 40 tahun.

- Menteri Luar Negeri Inggris James Cerdik mengumumkan bantuan baru untuk Ukraina pada kunjungan ke Kyiv, termasuk 24 ambulans, enam kendaraan lapis baja dan dukungan untuk korban kekerasan seksual oleh tentara Rusia.

Diplomasi

- Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Blaszczak meminta Jerman untuk mengirimkan sistem pertahanan yang ditujukan untuk Polandia, ke Ukraina. Ini untuk membantu pertahanannya melawan serangan Rusia.

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mempertanyakan kelanjutan keanggotaan Rusia di Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) .

Ekonomi

- Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan bahwa rencana Barat untuk memperkenalkan batas harga minyak bisa memiliki konsekuensi serius untuk pasar energi.

- Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky meminta Eropa untuk tetap bersatu melawan ofensif Rusia dan sangat membatasi harga minyak Rusia.

Penduduk

- Lebih dari 15.000 orang hilang selama konflik di Ukraina, kata seorang pejabat di Komisi Internasional untuk Orang Hilang (ICMP).

- Moskwa mengatakan telah mengeluarkan lebih dari 80.000 paspor Rusia untuk penduduk dari empat wilayah Ukraina, yakni Donetsk, Lugansk, Zaporizhzhia dan Kherson.

https://www.kompas.com/global/read/2022/11/26/064500470/rangkuman-hari-ke-275-serangan-rusia-ke-ukraina--situasi-ukraina-tanpa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke