Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Putin Tuduh Ekspor Gandum Ukraina Lebih Banyak untuk Negara Kaya Eropa

Putin mengatakannya berdasarkan data dari pusat bersama di Istanbul yang memantau perjanjian ekspor gandum Ukraina sejak disepakati pada Juli 2022.

Data menunjukkan bahwa lebih dari sepertiga gandum dikirim ke negara-negara Eropa dan 20 persen lainnya tiba di Turki.

Angka-angka tersebut turut menunjukkan 30 persen ekspor gandum Ukraina menjangkau negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah di seluruh dunia.

Lebih banyak pengiriman diperkirakan akan tiba di bagian Afrika dan Timur Tengah yang dilanda kelaparan di bawah Program Pangan Dunia PBB (WFP) yang implementasinya baru saja dimulai.

Namun, Moskwa menyuarakan rasa frustrasi yang semakin besar tentang bagaimana perjanjian ekspor gandum Ukraina diterapkan.

Amandemen kesepakatan juga memungkinkan Rusia mendapatkan akses terbuka ke pengiriman pupuk, dan mencabut beberapa sanksi ekonomi agar bisa mengekspor biji-bijian.

Akan tetapi, Putin berujar bahwa penerapannya saat ini membantu negara-negara Eropa yang lebih kaya dengan mengorbankan negara berkembang.

  • Indonesia Disebut Bisa Kolaps jika Terus Bergantung pada Gandum Impor
  • Taliban Dekati Rusia untuk Bisa Beli Gandum, Gas, dan Minyak
  • Taipan Gandum Ukraina Tewas Disambar Rudal Rusia dalam Serangan di Mykolaiv

"Hampir semua biji-bijian yang diekspor dari Ukraina dikirim bukan ke negara-negara berkembang termiskin, tetapi negara-negara UE (Uni Eropa)," katanya dalam forum ekonomi di pelabuhan Pasifik Rusia di Vladivostok, dikutip dari kantor berita AFP.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba membantah klaim Putin dengan berkata, "Secara total, dua pertiga dari kapal yang dikirim diarahkan ke Asia, Afrika, dan Timur Tengah".

Dia menambahkan, pemulihan ekspor makanan Ukraina melalui koridor gandum memiliki efek positif pada penurunan harga, karena pada Agustus setelah pengiriman pertama selesai harga gandum turun setidaknya lima persen.

Ukraina dan Rusia adalah dua pengekspor gandum dan biji-bijian terbesar di dunia.

Berita video "Sekjen PBB Pantau Pengiriman Gandum Terbesar dari Ukraina" dapat disimak di bawah ini.

https://www.kompas.com/global/read/2022/09/08/160400070/putin-tuduh-ekspor-gandum-ukraina-lebih-banyak-untuk-negara-kaya-eropa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke