Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

China Batalkan Rencana untuk Jual Tiket Olimpiade Beijing ke Publik

BEIJING, KOMPAS.com - China pada Senin (17/1/2022), membatalkan rencana untuk menjual tiket Olimpiade Musim Dingin di Beijing ke publik.

Alhasil, kemungkinan hanya yang menerima undangan yang bisa melihat pelaksanaan pertandingan Olimpiade Beijing.

Keputusan ini diambil sebagai bagian dari langkah-langkah pengendalian virus corona yang ketat.

Penyelenggara Olimpiade pada tahun lalu mengatakan tidak akan ada penonton internasional atau dari luar negeri. Tapi mereka telah berjanji untuk mengizinkan penonton domestil.

Namun, rencana ini dibatalkan pada Senin ini karena China melaporkan 223 kasus Covid-19 baru, yakni jumlah tertinggi sejak Maret 2022 dan hanya tiga pekan jelang Olimpiade Beijing.

"Untuk melindungi kesehatan dan keselamatan personel dan penonton yang terkait dengan Olimpiade, diputuskan untuk dilakukan penyesuaian rencana awal soal penjualan tiket ke publik, dan (sebagai gantinya) akan ada pengaturan penonton untuk menyaksikan pertandingan di tempat," ungkap penyelenggara Olimpiade Beijing dalam sebuah pernyataan, sebagaimana diberitakan AFP, Senin.

Belum jelas bagaimana para penonton ini akan dipilih dan apakah mereka harus dikarantina sebelum atau sesudah Olimpiade Beijing.

China, tempat virus corona pertama kali muncul pada akhir 2019, telah menerapkan kebijakan ketat untuk menargetkan nol kasus Covid bahkan ketika seluruh dunia telah dibuka kembali.

Para atlet dan ofisial yang sudah mendarat di ibu kota China menjelang Olimpiade Musim Dingin, langsung memasuki bubble yang dikontrol ketat memisahkan mereka sepenuhnya dari populasi lainnya.

Namun, setelah kasus Omicron lokal terdeteksi akhir pekan lalu, pihak berwenang juga memperketat peraturan bagi orang-orang yang tiba di Beijing dari tempat lain di China.

Beijing sekarang mewajibkan tes negatif sebelum perjalanan dan tes lanjutan setelah memasuki kota.

Warga juga didesak untuk tidak keluar kota untuk liburan Tahun Baru Imlek yang akan datang. Beberapa lokasi wisata di Beijing juga telah ditutup.

Olimpiade Musim Dingin 2022 sendiri akan dimulai pada 4 Februari 2022 dan berlangsung hingga 20 Februari 2022 di tempat-tempat di dalam dan sekitar Beijing.

Ini menjadikan ibu kota China itu menjadi kota pertama dalam sejarah modern yang pernah menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas dan Olimpiade musim dingin.

https://www.kompas.com/global/read/2022/01/17/201500170/china-batalkan-rencana-untuk-jual-tiket-olimpiade-beijing-ke-publik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke