Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

POPULER GLOBAL: “Armada Hantu” Iran Jual Minyak ke China | Pria Kaget Anaknya Ternyata Pamannya

Dengan “armada hantu” tersebut, Iran yang mendapat sanksi dari AS sehingga tidak dapat menjual minyaknya secara legal diketahui menjual minyak ke China melalui kapal berbendera asing.

Dilaporkan bahwa minyak yang diselundupkan mencapai hingga satu juta barel minyak per hari, atau dua pertiga dari penggunaan harian Inggris.

Selain itu ada juga kabar mengejutkan dari seorang pria di Amerika Serikat yang menjadi viral setelah menceritakan kisahnya di TikTok.

Pria itu mengaku baru mengetahui anaknya ternyata bukan anak kandungnya. Anak itu disebut merupakan hasil dari perselingkuhan antara pacarnya dan pamannya.

Berikut kami rangkum berita internasional terpopuler dari kanal Global Kompas.com edisi Senin (21/6/2021) hingga Selasa (22/6/2021).

1. “Armada Hantu” Iran Jual Minyak Pasar Gelap ke China untuk Biayai Program Nuklir Rahasianya

Sebuah “armada hantu” Iran dari tanker penghancur sanksi dilaporkan membawa minyak pasar gelap ke China, untuk mendanai program nuklir rahasia Iran.

Negara itu hampir menggandakan armadanya, yang berlayar di bawah bendera negara lain, menjadi 123 kapal pada tahun lalu.

Tanker itu membiarkan China menyelundupkan hingga satu juta barel minyak per hari, atau dua pertiga dari penggunaan harian Inggris.

Pakar intelijen memperingatkan bahwa armada yang diperluas menunjukkan Iran meningkatkan pengembangan kemampuan nuklirnya, meskipun ada pembatasan internasional.

Baca berita selengkapnya di sini.

2. Balita Tak Sengaja Pesan 100 Porsi Mi secara Online, Total Habis Rp 3 Juta

Seorang balita berusia 3 tahun tak sengaja memesan 100 porsi zhajiangmian atau mi pasta kedelai secara online dari ponsel ayahnya.

Peristiwa ini terjadi pada Selasa (15/6/2021) di kota Jilin, China. Balita itu lapar dan mencoba pesan mi dengan ponsel ayahnya, tetapi tidak sengaja menekan dua angka nol tambahan saat memasukkan jumlah pesanan.

NetEase News yang dilansir World of Buzz pada Minggu (20/6/2021) mewartakan, kurir harus bolak-balik 7-8 kali untuk mengirim 100 mangkuk mi itu, karena keluarga tersebut tinggal di lantai 13.

Ayah balita awalnya mengira dia telah menang undian dengan mi sebagai hadiahnya. Tapi ternyata harus membayar dengan nilai fantastis untuk sekali pemesanan makanan itu.

Baca berita selengkapnya di sini.

3. Pacar Selingkuh dengan Kakek, Pria Ini Kaget Anaknya Ternyata adalah Pamannya

Seorang pria di St Louis, negara bagian Missouri, Amerika Serikat (AS), mengaku anaknya ternyata adalah pamannya. Fakta ini merupakan akibat dari perselingkuhan yang dilakukan pacarnya dengan sang kakek.

Cerita pria itu dituangkan dalam video viral di TikTok @stackS1400 yang diunggah pada 23 April.

Hingga Senin (21/6/2021) video itu telah ditonton lebih dari 11,5 juta kali dan terus bertambah.

Pria dengan akun @stackS1400 mengaku, dia mendapati putranya bukan anak kandung setelah mengetahui pacarnya berselingkuh dengan kakeknya sendiri.

Baca berita selengkapnya di sini.

4. Nasib Lukisan Asli Abad Ke-17 yang Dibuang di Tempat Sampah

Polisi sedang mencari informasi tentang dua lukisan asli dari seniman Eropa abad ke-17 yang dibuang di tempat sampah pinggir jalan di Jerman tenggara.

Lukisan berbingkai yang dibuang itu ditemukan oleh seorang pria berusia 64 tahun di pinggir jalan raya di wilayah Bavaria bulan lalu.

Pria itu kemudian menyerahkan lukisan itu kepada polisi di kota barat Cologne, kata pihak kepolisian, seperti dilansir CNN pada Sabtu (19/6/2021).

Petugas telah melakukan penyelidikan tentang pemilik lukisan. Penilaian awal dari seorang ahli seni menyimpulkan lukisan-lukisan itu kemungkinan merupakan karya asli, kata polisi.

Baca berita selengkapnya di sini.

5. Sama-sama Punya Pemimpin Baru, Ini Perbandingan Kekuatan Militer Iran-Israel

Baik Israel dan Iran sama-sama memiliki pemimpin baru dalam selisih waktu yang tidak terlalu lama.

Pada 13 Juni, Parlemen Israel alias Knesset menggulingkan Benjamin Netanyahu dan membentuk pemerintahan baru.

Terpilihnya Bennett sebagai Perdana Menteri Israel yang baru tersebut ditanggapi Iran. Teheran menyebut, meski Israel memiliki perdana menteri yang baru, kebijakannya tidak akan berubah.

Sementara itu, Iran menggelar pemilihan presiden (pilpres) pada 18 Juni. Dari hasil pengitungan suara tersebut yang diumumkan pada 19 Juni, Ebrahim Raisi dinyatakan sebagai presiden terpilih Iran setelah penghitungan suara.

Kemenangan Ebrahim Raisi dalam pilpres Iran tersebut juga ditanggapi Israel. Israel menyebut Raisi sebagai presiden paling ekstrem di dunia dan segera memajukan program nuklir Iran.

Kondisi permusuhan dua negara telah lama terjadi. Adapun bila dibandingkan, melansir Global Fire Power, kekuatan militer Iran di atas kertas lebih unggul dibandingkan Israel.

Baca berita selengkapnya di sini.

6. Presiden Baru Iran Ebrahim Raisi Dituding Siksa Perempuan Hamil

Presiden baru Iran Ebrahim Raisi dituding pernah menyiksa perempuan hamil, dan memerintahkan eksekusi massal.

Raisi, dikenal juga sebagai "Si Penjagal", mendapat kemenangan lebih dari 50 persen dalam pemilu Jumat (18/6/2021).

Kemenangan politisi 60 tahun itu membuat seluruh angkatan bersenjata "Negeri Para Mullah" dipimpin sosok ultra konservatif.

Raisi akan mulai menjabat bulan depan, dengan tampuk kekuasaan bakal diserahkan pendahulunya, Hassan Rouhani.

Presiden merupakan orang nomor dua paling berkuasa di Iran setelah Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Baca berita selengkapnya di sini.

https://www.kompas.com/global/read/2021/06/22/060312970/populer-global-armada-hantu-iran-jual-minyak-ke-china-pria-kaget-anaknya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke