Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pembeli Beri Tip Pelayan Toko Rp 19 Juta, Tinggalkan Pesan Mengumpat Covid-19

COLORADO, KOMPAS.com - Seorang pembeli dengan murah hati meninggalkan tip 1.400 dollar AS (Rp 19 juta) kepada karyawan dengan meninggalkan pesan yang mengatakan "Covid Menyebalkan!"

Pemilik Notchtop Bakery & Cafe, Nailya Khametvalieva mengatakan bahwa pelanggan itu hanya mengidentifikasi dirinya sebagai David. Dia datang ke restoran yang terletak di Estes Park pada Rabu (20/1/2021), untuk membeli telur, bacon, sosis dan biskuit serta saus.

Ketika tiba waktunya untuk membayar tagihan 20,04 dollar AS (Rp 280.960), David menanyakan kepada pelayan berapa banyak orang yang bekerja hari itu.

Dia akhirnya meninggalkan tip 1.400 dollar AS (Rp 19 juta) dengan instruksi untuk memberi masing-masing dari tujuh karyawan 200 dollar AS (Rp 2,8 juta).

"Hal itu benar-benar membuat semua pelayan dan koki menangis. Anda tahu, tidak ada yang pernah berpikir tentang koki, para juru masak sangat terkejut. Kami semua terkejut," kata Khametvalieva.

"Kami berterima kasih padanya, tapi kami merasa terima kasih saja tidak cukup."

Dia mengatakan David tinggal di daerah itu, tetapi itu baru kali kedua pria itu datang ke toko tersebut.

Gloria Fuentes melayani David dalam dua kali kunjungannya ke toko itu. Dia memberi tahu afiliasi CNN KMGH bahwa dia tidak percaya ketika melihat tanda terima itu.

"Saya seperti 'Ya Tuhan, apakah saya bermimpi atau apa yang terjadi?'," kata Fuentes kepada KMGH.

Pelayan lain mengatakan kepada KMGH bahwa uang itu akan sangat membantu keluarganya.

"Ini 200 dollar AS untuk saya, tapi juga 200 dollar AS untuk suami saya. Ini juga 200 dollar AS untuk putri saya, untuk hal-hal yang kami butuhkan untuk bertahan," kata Jayme Johnson.

Khametvalieva tidak pernah menutup restoran yang dijalankan selama hampir 10 tahun karena pandemi Covid-19. Tetapi dia mengaku bisnisnya sulit. Kebakaran tahun lalu juga menambah tantangan.

Dia mengatakan bisa memberikan jam kerja bagi semua karyawannya karena mendapat pinjaman untuk bisnis kecil.

Estes Park berjarak sekitar 70 mil di luar Denver. Menurut Khametvalieva umumnya tokonya mendapat banyak pelanggan di musim panas dari turis luar negeri.

Namun sejak pandemi melanda pengunjung tidak bisa datang secara langsung. Usahanya cukup terbantu dengan adanya langganan yang membeli kupon untuk mendukung restorannya.

"Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang benar-benar memperhatikan bisnis kecil dan orang-orang sangat bersyukur dan baik hati. Mereka memiliki hati yang besar, terutama David," katanya.

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/24/155328670/pembeli-beri-tip-pelayan-toko-rp-19-juta-tinggalkan-pesan-mengumpat-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke