Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Israel Kembali Serang Suriah, Beberapa Rudal Dijatuhkan Melalui Serangan Udara

CAIRO, KOMPAS.com - Israel menargetkan serangan ke Suriah Selatan pada Rabu (6/1/2021).

Serangan serupa terjadi tiga kali dalam hampir 10 hari terakhir menurut laporan TV pemerintah. Para pembelot militer mengatakan rudal itu menargetkan pangkalan pengawal revolusi Iran.

Seorang juru bicara militer menyatakan rudal yang terbang di atas Dataran Tinggi Golan menargetkan beberapa lokasi, dan serangan udara menjatuhkan beberapa rudal.

Melansir Reuters pada Kamis (7/1/2021), liputan langsung menunjukkan gedung bertingkat terbakar.

"Pertahanan udara kami menanggapi agresi udara Israel, pada beberapa sasaran di wilayah selatan," kata media pemerintah mengutip juru bicara militer Suriah.

Dua pembelot militer mengatakan serangan itu menghantam daerah Kisswa di pinggiran selatan ibu kota Damaskus, dan pangkalan militer yang digunakan oleh kelompok Hizbullah pro-Iran Lebanon.

Belum ada komentar segera dari seorang juru bicara militer Israel. Tetapi Kepala Staf Angkatan Pertahanan Israel Aviv Kochavi mengatakan bulan lalu serangan rudal telah "memperlambat kubu Iran di Suriah."

"Kami telah mencapai lebih dari 500 target tahun ini, di semua lini, selain beberapa misi klandestin," kata Kochavi dalam komentar yang diterbitkan di media Israel.

Pangkalan di Suriah timur, tengah dan selatan yang dihantam Israel dalam beberapa bulan terakhir. Aksi ini diyakini memiliki kehadiran kuat milisi yang didukung Iran, menurut sumber intelijen dan pembelot militer yang mengetahui lokasi tersebut.

Sumber-sumber intelijen Barat mengatakan, peningkatan serangan Israel di Suriah dalam beberapa bulan terakhir adalah bagian dari perang bayangan yang disetujui oleh Amerika Serikat.

Tindakan itu juga merupakan bagian dari kebijakan anti-Iran, yang telah merusak kekuatan militer Iran secara luas dalam dua tahun terakhir, tanpa memicu peningkatan permusuhan.

Mereka mengatakan bahwa tahun lalu telah menyaksikan perluasan target serangan Israel di seluruh Suriah.

Ribuan milisi yang didukung Iran telah terlibat dalam mendapatkan kembali sebagian besar wilayah yang hilang oleh Presiden Suriah Bashar al Assad kepada pemberontak. dalam perang saudara yang telah berlangsung hampir satu dekade. .

https://www.kompas.com/global/read/2021/01/07/143717170/israel-kembali-serang-suriah-beberapa-rudal-dijatuhkan-melalui-serangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke