Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Israel Ungkap Benteng Era Raja Daud di Wilayah Golan yang Diduduki

GOLAN, KOMPAS.com - Arkeolog pada Rabu (11/11/2020) mengungkap struktur benteng era Kerajaan Daud di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel. Fenomena itu menjelaskan perbatasan sekutu Israel menurut Alkitab.

Melansir AFP, batu-batu basal yang digali itu membentuk dinding setebal 1,5 meter dari kompleks puncak bukit.

Barak Tzin, yang mengarahkan penggaliannya untuk Otoritas Kepurbakalaan Israel, memperkirakan bahwa luasnya lebih dari 1.000 meter persegi.

Para penggali menemukan sebuah batu besar dengan ukiran dua sosok bertanduk yang menjulurkan tangan mereka dan patung seorang wanita yang memegang alat musik, yang diperkirakan drum.

"Itu juga menghubungkan kami dengan penemuan-penemuan dari Zaman Besi," kata Tzin, mencatat artefak serupa yang ditemukan di Betsaida.

"Sebuah situs yang terkait dengan ibu kota kerajaan Geshur" yang terletak di sebelah barat Hispin di pantai utara Laut Galilea.

Tzin mengatakan ada sumber material yang menunjukkan "ikatan keluarga" antara kerajaan Geshur dan kerajaan Daud.

Benteng Hispin, yang pertama dari jenisnya yang digali, menambahkan 'potongan teka-teki' langka dari arkeologi Golan, kata Tzin.

"Fenomena ini mungkin lebih luas dari yang kita ketahui. Penelitian Golan belum pada tingkat tinggi... Kita baru mulai menemukan kembali Golan sekarang."

Penemuan di masa depan mungkin membantu menentukan batas-batas yang lebih jelas untuk kerajaan orang Geshur, sementara benteng Hispin "mengisi bagian tengahnya," kata Tzin.

"Kami percaya (kerajaan) menyebar ke Suriah, itu mengisi ruang di antaranya," katanya tentang situs Hispin.

"Gambarannya mulai menjadi sedikit lebih jelas."

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/12/062855370/israel-ungkap-benteng-era-raja-daud-di-wilayah-golan-yang-diduduki

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke