Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Usai Disuntik Vaksin Sputnik V, 3 Petugas Medis Rusia Baru Ketahuan Terinfeksi Covid-19

ALTAI, KOMPAS.com - Tiga kasus infeksi Covid-19 kembali dilaporkan kemarin Selasa (10/11/2020) di wilayah Altai, Siberia, Rusia.

Petugas medis di wilayah Altai yang divaksinasi beberapa pekan lalu dengan Gam-COVID-Vac dengan merek dagang Sputnik V, dilaporkan positif Covid-19.

Sebanyak 42 petugas medis telah divaksinasi oleh vaksin produksi lembaga penelitian Gamaleya yang berbasis di Moskwa akhir September lalu dengan kepala ahli epidemiologi regional, Irina Pereladova menjadi orang pertama yang mendapat vaksinasi.

Menurut protokol Sputnik V, dosis kedua disuntikkan pada 14 Oktober.

Sehari sebelum vaksinasi dilakukan kepada petugas medis tersebut, tes Covid-19 dilakukan dan semuanya menunjukkan hasil negatif.

Laporan Irina Pereladova kepada Amic.ru News mengatakan bahwa para petugas medis berarti terinfeksi Covid dalam waktu 24 jam setelah melakukan uji virus dan sebelum mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Pereladova menjelaskan bahwa "tidak ada jaminan setelah vaksinasi, seseorang tidak akan sakit, karena mungkin [orang itu] sedang dalam periode inkubasi."

Melansir Kompas.com, Sputnik V adalah vaksin yang dikembangkan oleh lembaga penelitian Gamaleya yang bekerja sama dengan kementerian pertahanan Rusia.

Menurut kementerian kesehatan Rusia, vaksin ini diharapkan mampu memberi kekebalan terhadap virus corona hingga 2 tahun lamanya.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/11/075705170/usai-disuntik-vaksin-sputnik-v-3-petugas-medis-rusia-baru-ketahuan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke