Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mayat Korban Kartel Meksiko Ditaruh di Kursi Roda sebagai Peringatan kepada Rival

Si pelaku, kartel yang berafiliasi dengan gembong El Chapo, juga mengirim pesan sebagai peringatan kepada kelompok rival.

Penegak hukum di Negara Bagian Sonora merespons laporan pada Sabtu (7/11/2020) dan menemukan jenazah pria itu terbungkus selimut.

Media Meksiko melaporkan, mereka menemukan pesan yang ditujukan kepada Kartel Caborca, yang dipimpin oleh Rafael Caro Quintero.

Dilansir Daily Mail Senin (9/11/2020), pria yang tak disebutkan identitasnya itu diculik sehari sebelumnya dan ditikam hingga tewas.

Penemuan mayat itu, dengan pelakunya adalah kartel narkoba Los Salazar, disebut merupakan balasan atas serangan dan pemerasan di La Barredora 24/7.

Kartel Caborca adalah sayap militer dari sindikat Caro Quintero. Tak dijelaskan apakah pria yang dibunuh adalah anggota geng.

"Para bos di La Barredora 24/7 adalah orang yang sama yang memeras petani, peternak, dan pedagang di Caborca dan komunilanya," demikian pesan di mayat itu.

Aparat di negara bagian sebelah selatan Meksiko itu tak membeberkan identitas korban, maupun mengumumkan apakah dilakukan penangkapan.

Penemuan jenazah itu terjadi setelah Wali Kota Caborca dan Pitiquito meminta bantuan pemerintah guna menangani perang kartel di wilayah mereka.

"Kami sekali lagi meminta bantuan pemerintah federal dan negara bagian untuk memulihkan perdamaian dan ketertiban di wilayah kami," ujar dua wali kota tersebut.

Caro Quintero disebut mempunyai masalah dengan tiga anak El Chapo, Jesus Alfredo Guzman, Ivan Archivaldo, dan Ovidio Guzman Lopez.

Dikenal sebagai Los Chapitos, mereka bertiga mengelola Kartel Sinaloa sementara ayah mereka dipenjara seumur hidup di penjara berkeamanan maksimum di AS.

Ratusan orang tewas sebagai imbas dari pertikaian antara gembong narkoba berusia 68 tahun itu dengan putra mantan bawahannya di Kartel Guadalajara.

Juni lalu, Los Salazar menculik 10 orang, termasuk seorang profesor ternyata adalah korban salah tangkap, dan membuang mayatnya di tepi jalan Caborca dan Sonoyta.

Caro Quintero sendiri menjadi target Badan Anti Narkoba AS (DEA), di mana bersama militer Meksiko, mereka menyerbu 1.011 hektar ladang ganja.

Saat itu, Kartel Guadalajara menuding biang pelakunya adalah agen DEA Enrique "Kiki" Camarena atas penyerbuan itu, dan membalasnya.

Bersama dengan pimpinan kartel lain, Miguel Angel Felix Gallardo dan Ernesto Fonseca Carrillo, Quintero menculik Camarena pada 7 Februari 1985.

Sang agen DEA itu dibunuh, dengan mayatnya dibungkus plastik dan dibuang di La Angostura, Michoacan, pada 5 Maret 1985 silam.

https://www.kompas.com/global/read/2020/11/10/141029570/mayat-korban-kartel-meksiko-ditaruh-di-kursi-roda-sebagai-peringatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke