Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Tersangka Baru Penculikan Madeleine McCann, Polisi Disebut Lakukan Kesalahan

Laporan Spiegel Online pada Jumat (12/6/2020) menyebutkan, tersangka pernah diperiksa atas kasus itu pada awal 2013.

Polisi pekan lalu sempat membangkitkan harapan, kasus hilangnya Madeleine McCann di Praia da Luz Portugal pada 2007, dapat dipecahkan usai mengungkap sedang menyelidiki tersangka baru yakni seorang pria 43 tahun.

Tersangka yang tidak disebut namanya tetapi diidentifikasi sebagai Christian B oleh media Jerman itu, mempunyai riwayat pelecehan seks termasuk kepada anak-anak dan pemerkosaan.

Spiegel melaporkan, polisi kriminal federal (BKA) telah menghubungi polisi di Braunschweig untuk mencari informasi lebih lanjut tentang tersangka, setelah mendapat informasi rahasia pada Oktober 2013.

Akan tetapi ketika memanggil tersangka, polisi dalam suratnya menyebutkan bahwa itu ada hubungannya dengan "kasus orang hilang Madeleine McCann" dan "pemeriksaan pribadi Christian B".

Dengan demikian, surat itu disebut akan memberi cukup waktu bagi Christian B untuk menghancurkan bukti.

Para ahli kemudian menganggap tindakan polisi sebagai kesalahan besar.


"Ini seharusnya tidak terjadi, dan sama sekali tidak sesuai dengan prosedur biasa dalam kasus sensitif seperti itu," kata seorang sumber anonim yang disebut polisi berpengalaman oleh Spiegel.

Polisi biasanya mengumpulkan informasi lebih dulu sebelum mendekati seorang tersangka, kata laporan itu.

Meskipun minggu lalu polisi mengungkapkan telah mengidentifikasi tersangka, jaksa penuntut belum memanggil Christian B untuk diinterogasi.

Interogasi seperti itu hanya akan terjadi usai penyelidikan selesai, sehingga para penyelidik dapat mengajukan temuan penyelidikan kepada tersangka, kata jaksa Braunschweig, Hans Christian Wolters, kepada kantor berita nasional DPA.

Madeleine McCann hilang dari apartemen saat liburan kelurga pada 3 Mei 2007, beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang keempat. Saat itu, orangtuanya sedang makan malam bersama teman-temannya di bar.

Kasus orang hilang ini memicu salah satu pencarian terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun ada banyak tersangka dan teori diapungkan tentang apa yang terjadi, sampai sekarang belum ada yang dihukum dan jejak Madeleine belum ditemukan sama sekali.

https://www.kompas.com/global/read/2020/06/12/200009670/soal-tersangka-baru-penculikan-madeleine-mccann-polisi-disebut-lakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke