Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yayasan Temasek Singapura Kirim Bantuan Perangi Covid-19 ke 3 Daerah di Indonesia

Yayasan nirlaba yang bermarkas di Negeri "Singa" itu menyerahkan bantuan secara virtual kepada Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya, Senin pagi (18/05/2020).

Bantuan itu rencananya akan disalurkan ke tiga daerah di Indonesia, yaitu Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), dan Kota Jambi di mana masing-masing kepala daerah ikut menghadiri telekonferensi penyerahan bantuan.

Yayasan Temasek diwakili oleh Lim Hock Chuan mendermakan komponen pertama yaitu 5.000 liter konsentrat hand sanitizer (non-alcohol).

Komponen tersebut akan diolah menjadi 500.000 liter sanitizer siap pakai kepada Provinsi Kepulauan Riau dan Kota Jambi.

Chief Executive Temasek Benedict Cheong menyerahkan komponen kedua bantuan yaitu test kit, terdiri dari masing-masing 50 unit test kit Fortitude Kit 2.0 kepada Provinsi Riau dan Kota Jambi.

Rencananya, seluruh bantuan akan diangkut KRI Semarang dari Changi Naval Base, Singapura Selasa (19/5/2020) dan tiba di Batam pada hari yang sama untuk selanjutnya dibawa ke Tanjung Pinang, Pekanbaru, dan Jambi.

Diperkirakan bantuan terutama hand sanitizer dapat sampai ke tangan masyarakat sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Penyerahan bantuan ini adalah ketiga kalinya yang disalurkan oleh Yayasan Temasek Singapura.

Bantuan gelombang ketiga merupakan kelanjutan dari bantuan ventilator, peralatan biosystem detection, mesin PCR, masker, Alat Pelindung Diri (APD), PCR based Test Kit.

Sebelumnya, bantuan itu sudah diberikan melalui Kedutaan Besar Republik Indonesia, KBRI Singapura kepada Kota Batam, Provinsi DKI Jakarta, dan Provinsi Bali.

Dubes Ngurah menyampaikan apresiasi atas kepedulian, solidaritas, dan gotong-royong dalam semangat kebersamaan RISING (Republik Indonesia-Singapura) kedua negara menghadapi pandemi Covid-19.

Ditekankan juga bahwa keterbatasan saat ini untuk bertemu secara fisik tidak menghalangi berbagai upaya kerjasama antara kedua negara jiran ini.

Dubes Ngurah berharap penanganan Covid-19 dapat berlanjut pada upaya-upaya pemulihan ekonomi kedua negara melalui kerjasama bilateral.

Singapura melalui Yayasan Temasek mengimpor 4.500 bed set atau seperangkat kasur dari Indonesia bulan April lalu untuk keperluan penyediaan sarana di fasilitas karantina darurat penanganan virus corona, salah satunya di Singapore Expo.

https://www.kompas.com/global/read/2020/05/18/165020370/yayasan-temasek-singapura-kirim-bantuan-perangi-covid-19-ke-3-daerah-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke