Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Fakta Baru Terungkap di Penelusuran Kematian Pertama Covid-19 di AS

Fakta lain yang mengejutkan adalah, kematian wanita itu terjadi hampir 3 minggu sebelum 2 kematian pertama Covid-19 dilaporkan, dan baru-baru ini ia dinyatakan positif virus corona.

Patricia Dowd seorang manajer perusahaan semikonduktor, meninggal tiba-tiba setelah ia tampak pulih dari gejala mirip flu, lapor LA Times.

Pada awalnya diyakini kematiannya karena serangan jantung.

Akan tetapi minggu ini pihak berwenang memberitahu keluarganya bahwa Dowd dinyatakan positif corona, menjadikannya kematian pertama Covid-19 di AS.

Sebelumnya kematian pertama pasien Covid-19 di Negeri "Uncle Sam" dilaporkan pada 29 Februari di Kirkland, Washington, pinggiran Seattle.

Petugas kesehatan Santa Clara County mengatakan, kematian 3 orang di wilayah itu adalah bukti vahwa virus corona tiba di Bay Area lebih awal dari perkiraan.

"Tidak ada satu pun dari kasus ini yang memiliki riwayat perjalanan yang signifikan," kata Dr Sara Cody dikutip dari New York Post Kamis (23/4/2020).

"Kami menduga bahwa masing-masing dari mereka mewakili transmisi komunitas dan bahwa ada beberapa tingkat signifikan dari virus yang beredar di masyarakat kami pada awal Februari... dan siapa yang tahu seberapa jauh sebelumnya."

Para kerabat Dowd mengatakan, dia sakit tidak seperti biasanya pada akhir Januari dengan gejala seperti flu, tetapi telah membaik dan bekerja dari rumah dengan seorang rekan pada pukul 08.00 tanggal 6 Februari.

Sekitar dua jam kemudian, putrinya menemukannya sudah tak bernyawa.

Adik ipar Dowd, Jeff Macias, mengatakan kepada LA Times bahwa ia telah merencanakan untuk melakukan perjalanan ke China akhir tahun ini dan melakukan perjalanan ke luar negeri "beberapa kali setahun ke berbagai lokasi global".

"Dari mana datangnya ini kalau bukan dia yang bepergian?" kata Macias. "Patricia mungkin bukan yang pertama. Ini hanya yang paling awal yang kami temukan sejauh ini."

Ia menambahkan, "Mari kita terus mencari sehingga kita tahu sejauh mana itu - untuk kebaikan yang lebih besar, untuk semua orang termasuk keluarga saya."

Rick Cabello, kakak laki-laki Dowd, mengatakan adiknya tidak merokok dan kesehatannya baik.

"Dia dulunya atlet di masa-masa sekolah menengahnya, dia selalu aktif," kata Cabello kepada CNN.

Dowd "pekerja keras, setia, dan peduli," ujarnya kepada LA Times.

"Dia adalah orang energik dan jaringan pertemanannya besar."

https://www.kompas.com/global/read/2020/04/24/152457870/3-fakta-baru-terungkap-di-penelusuran-kematian-pertama-covid-19-di-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke