Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Putin Kirim Bantuan Alat dan Petugas Medis Profesional ke Italia

MOSKWA, KOMPAS.com - Militer Rusia mulai mengirim bantuan medis ke Italia pada Minggu (22/03/2020) untuk membantu negara itu memerangi virus corona .

"Bantuan itu dilakukan setelah Presiden Vladimir Putin mengeluarkan perintah", kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan.

Berdasarkan laporan dari Kremlin, Presiden Putin telah berbicara dengan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte pada Sabtu (21/03/2020).

Laporan itu mengatakan bahwa Putin telah menawarkan dukungan dan bantuannya dalam bentuk kendaraan disinfektan bergerak dan tenaga medis spesialis untuk membantu daerah-daerah Italia yang paling terdampak akibat wabah.

Italia mencatat lonjakan kematian akibat virus corona hampir mencapai 800 pada Sabtu (21/03/2020).

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pesawat angkut militer akan mengirim delapan brigade mobile militer medis, kendaraan disinfeksi khusus serta peralatan medis lainnya ke Italia mulai Minggu (23/03/2020).

Kementerian Pertahanan melalui Interfax mengatakan bahwa Rusia juga akan mengirim sekitar 100 spesialis militer dalam bidang virologi dan epidemi.

Rusia sendiri telah melaporkan adanya 306 kasus infeksi virus, sebagian besar di Moskwa, dan satu kasus kematian akibat Covid-19.

Sebelumnya, Moskwa telah menutup seluruh fasilitas olahraga termasuk kolam renang dan klub kebugaran tubuh berdasarkan arahan Otoritas Kesehatan Rusia.

Meski begitu, rasio tes virus di Rusia masih terlalu rendah dibandingkan negara lain. Rasio Rusia hanya 0.09 persen.

Taiwan yang juga masih dibilang terlalu rendah dalam tes yakni 0.3 persen masih tiga kali lebih tinggi dibanding Rusia.

Moscow Times juga menemukan bukti adanya puluhan wawancara dari kalangan orang kaya di Rusia yang membeli dan menimbun ventilator.

Padahal alat langka itu penting untuk menyelamatkan banyak orang dengan kondisi kritis. 

Perusahaan mobil Avtovaz Rusia dengan 35 ribu pekerja juga melaporkan dua kasus infeksi virus corona di kalangan pegawainya yang menyebabkan perusahaan itu harus mengkarantina 29 karyawan.

Ironisnya, sampai saat ini perusahaan itu belum berencana menghentikan kegiatan produksinya.

https://www.kompas.com/global/read/2020/03/22/192027970/putin-kirim-bantuan-alat-dan-petugas-medis-profesional-ke-italia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke