Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

35 Tempat Makan di Makassar, dari Legendaris hingga Kekinian

Kompas.com - 30/09/2023, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu kota terbesar di Indonesia adalah Makassar, Sulawesi Selatan. Di sana, kamu bisa menikmati aneka menu kuliner menggoyang lidah.

Ada beragam pilihan tempat makan di Makassar yang recommended, seperti dari yang legendaris hingga yang kekinian.

Cocok sebagai wisata kuliner bagi para pencinta hidangan khas dari suatu daerah.

1. Songkolo Bagadang Alhamdulillah

Songkolo Bagadang adalah makanan khas Makassar, dari namanya "songko" memiliki arti nasi ketan.

Biasanya songkolo akan disajikan bersama ikan teri, sambal, telur asin, serta serundeng atau parutan kelapa yang disangrai.

Songkolo Bagadang Alhamdulillah, menjadi salah satu tempat menyantap Songkolo Bagadang yang terkenal di Makassar. Tempat makan yang berada di Jalan Pannara Nomor 19, Kota Makassar ini buka 24 jam.

Satu porsi songkolo dihargai Rp 10.000 untuk yang ukuran kecil dan Rp 12.500 untuk porsi besar.

Selain songkolo, Songkolo Bagadang Alhamdulillah juga menyajikan Pallubasa, Nasi Kuning Ayam Palekko, Nasi Campur Daging Rendang, dan masih banyak lagi.

2. Nasi Kuning Riburane

Warung Nasi Kuning Riburane adalah satu dari sekian banyak warung nasi kuning yang tersohor di Kota Makassar.

Warung ini buka sejak 1980an dan menjadi salah satu kuliner legendaris Makassar. Warung ini buka dari jam 7.00- 13.00 Wita.

Nasi kuning ini memiliki ciri khas tersendiri. Porsinya pun jumbo dengan pilihan lauk telur pindang, abon, paru goreng, sayur labu, sayur nangka, dan lainnya.

3. Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu

Jalangkote & Lumpia Asli Lasinrang Ny. Lily Montolalu berpusat di Jalan Lasinrang Nomor 11A, Sawerigading, Ujung Pandang, Kota Makassar. Buka dari pukul 07.00-21.00 WITA.

Tempat makan jalangkote terkenal di Makassar ini termasuk yang legendaris. Buka sejak tahun 1985 dan masih eksis hingga hari ini.

Kamu bisa menikmati aneka gorengan khas Makassar, seperti jalangkote, lumpia, bikang doang dengan harga Rp 8.000. Selain gorengan, ada menu pisang ijo yang bisa kamu cicipi di sini.

4. Aroma Coto Gagak

Aroma Coto Gagak berada di Jalan Gagak Nomor 27, Mariso, Kota Makassar. Buka 24 jam.

Aroma Coto Gagak merupakan tempat makan coto legendaris di Makassar yang punya menu coto dengan harga Rp 30.000 per porsinya.

Kamu juga bisa membeli bumbu coto gagak untuk dibawa pulang dengan jumlah per kilogram.

5. Pallubasa Serigala

Pallubasa Serigala berada di Jalan Serigala XIV, Mamajang Dalam, Mamajang, Kota Makassar. Buka dari pukul 10.00-23.00 WITA.

Tempat makan di Makassar yang satu ini termasuk legendaris dan sudah memiliki banyak cabang bahkan hingga di Jakarta.

Spesialnya, kamu bisa mengambil kelapa parut sangrai sesuai selera yang sudah tersedia di meja. Harga per mangkuk pallubasa tergantung dengan isian pilihan, mulai dari Rp 35.000.

ilustrasi es pisang ijo. shutterstock/yohanes_setiyanto ilustrasi es pisang ijo.

6. Warung Makan Ayam Balap

Warung Makan Ayam Balap berlokasi di Jalan Abd. Kadir Nomor 31, Balang Baru, Tamalate, Kota Makassar. Buka dari pukul 09.00-23.0 WIB.

Tempat makan ayam bakar di Makassar ini cocok untuk bukber keluarga atau teman dalam rombongan besar. Terdapat fasilitas lesehan yang bisa dipilih.

Menu makannya ada olahan ayam bakar dengan bumbu saos tiram, rica, dan cobek dengan harga mulai dari Rp 9.000-11.000.

Selain itu, ada menu Bolu Bakar dan Goreng dengan harga yang sama. Ada juga menu Nasi, Mie, dan Capcay dengan harga mulai dari Rp 5.000-18.000.

7. Toko Kue & Roti Adi Jaya

Toko Kue & Roti Adi Jaya berlokasi di Jalan Sultan Hasanuddin Nomor 120, Pandang Pandang, Somba Opu, Gowa. Buka dari pukul 07.00-20.00 WIT.

Di sini, kamu bisa menikmati aneka menu kue kering, bolu atau cake, dan jajanan pasar dengan harga mulai dari RP 3.000.

Selain itu, ada menu birthday cake tiga layer yang bisa kamu pesan untuk memeriahkan ulang tahun anak.

Kalau kamu ingin menu bolu, ada menu bolu pisang dengan harga Rp 35.000 dan bolu cokelat dengan harga Rp 40.000.

8. Bubur Ayam Mbak Sri

Bubur adalah kuliner khas Indonesia yang sering muncul saat pagi, termasuk di Makassar. Kamu dapat mencoba Bubur Ayam Mbak Sri yang buka dari pukul 05.00 WITA di Jalan A. Mappanyukki Nomor 21-23.

Kamu juga bisa menikmati makanan lain seperti gado-gado, soto, dan bubur ketan hitam di kedai ini. Makanan di kedai ini terkenal bercita rasa khas Jawa.

9. Jalangkote Alauddin

Jalangkote Alauddin berlokasi di Jalan Sultan Alauddin V Nomor 87, Mannuruki, Tamalate, Pa'baeng-Baeng, Tamalate, Kota Makassar. Buka dari pukul 07.00-19.00 WITA.

Kamu bisa menikmati jalangkote, bikang doang, dan kroket dengan harga sekitar Rp 4.500. Semua gorengan disajikan lengkap dengan sambal cair.

Selain mengunjunginya secara langsung, kamu bisa memesannya lewat aplikasi pesan antar online.

10. Coto Daeng Sirua

Coto Daeng Sirua berlokasi di Jalan Abdullah Daeng Sirua Nomor 10, Masale, Panakkukang, Kota Makassar. Buka dari pukul 08.00-20.00 WITA.

Satu porsi menu coto ini dibanderol dengan harga Rp 20.000 per mangkuknya. Kamu bisa tambah ketupat dengan harga Rp 2.000.

 

11. Pallubasa Onta

Tempat kuliner di Makassar yang selanjutnya ini berada di Jalan Onta Lama Nomor 103, Mandala, Mamajang, Kota Makassar. Buka dari pukul 09.00-22.00 WITA.

Ada menu Pallubasa Daging Campur dengan harga Rp 30.000. Kalau mau tambah nasi dan telur, masing-masing seharga Rp 5.000.

12. Ayam Goreng Sulawesi

Walau nama tempatnya ayam goreng, tetapi menu ayam bakar juga menjadi salah satu andalannya.

Kamu bisa menikmati olahan ayam dan ikan dengan bumbu khas yang sudah ada sejak 1969.

Satu porsi Ayam Bakar diharga sekitar Rp 39.000. Ada menu paket besar dengan isian 10 Ayam Goreng, 10 Nasi, 5 Otak otak, Sop, Tahu, dan Temppe dengan harga mulai dari Rp 600.000.

Lokasinya berada di Jalan Pattimura Nomor 2, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar. Buka dari pukul 10.00-22.30 WIB.

13. Donalson Bakery and Cake Donalson

Bakery and Cake berlokasi di Jalan Pengayoman Nomor 21, Masale, Panakkukang. Buka dari pukul 05.00-23.00 WITA.

Toko roti legendaris di Makassar yang buka sejak tahun 1986 ini punya empat cabang toko roti yang bisa kamu singgahi.

Ada aneka menu roti tawar, donat, hingga roti dengan berbagai topping dan rasa. Harganya mulai dari Rp 8.000 per pcsnya.

14. Sop Saudara Begadang Irian

 

Sop saudara adalah makanan khas dari Makassar yang terdiri dari daging, jeroan sapi, dengan kuah kaldu sapi yang dicampur dengan bihun dan perkedel kentang.

Sop Saudara Begadang Irian adalah salah satu tempat makan sop saudara begadang yang buka 24 jam. Lokasinya cukup strategis yaitu berada di Jalan Wahidin Sudiro Husodo, Makassar.

Pengunjung bisa memilih variasai daging yang menjadi isian di dalam Sop Saudara. Kamu bisa memilih hati sapi, babat, kikil, atau paru.

Agar lebih mantap lagi kamu bisa menaburinnya dengan emping dan sambal. Seporsi nasi dan sop dibandrol mulai harga Rp 30.000.

Selain mencicipi Sop Saudara Begadang kamu bisa juga memilih sop kontro untuk disantap.

15. Ayam Goreng Sulawesi

Walau nama tempatnya ayam goreng, tetapi menu ayam bakar juga menjadi salah satu andalannya. Kamu bisa menikmati olahan ayam dan ikan dengan bumbu khas yang sudah ada sejak 1969.

Satu porsi Ayam Bakar diharga sekitar Rp 39.000. Ada menu paket besar dengan isian 10 Ayam Goreng, 10 Nasi, 5 Otak otak, Sop, Tahu, dan Temppe dengan harga mulai dari Rp 600.000.

Lokasinya berada di Jalan Pattimura Nomor 2, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar. Buka dari pukul 10.00-22.30 WIB.

Ilustrasi jalangkote disiram saus cabai khas. Jalangkote adalah kuliner khas Makassar yang bentuknya mirip pastel. SHUTTERSTOCK/DENNIS WIJAYA Ilustrasi jalangkote disiram saus cabai khas. Jalangkote adalah kuliner khas Makassar yang bentuknya mirip pastel.

16. Coto Paraikatte

Coto Paraikatte berlokasi di Jalan A. P. Pettarani Nomor 125, Bua Kana, Rappocini, Kota Makassar. Buka dari pukul 07.00-23.00 WITA.

Ada menu Coto dengan harga Rp 18.000 atau sekitar Rp 12.000 untuk paket hematnya. Tambah degan ketupat pandan hanya Rp 2.000.

17. Mie Hengky

Kalau sajian satu ini adalah mi kering yang disiram dengan kuah kental dangan sayur dan potongan daging ayam.

Kedai Mie Hengky salah satu yang terkenal dengan mi kering. Kedai ini terletak di Jalan Nusantara Kelurahan Nomor 354.

Kedai Mie Hengky sudah berdiri sejak tahun 1980 dan masih mempertahakan resep turun temurun.

Selain mi kering, pengunjung juga ditawarkan sajian lain seperti mie kuah, mie goreng, mie panggang, dan mie hokiang.

18. Coto Paraikatte

Coto Paraikatte berlokasi di Jalan A. P. Pettarani Nomor 125, Bua Kana, Rappocini, Kota Makassar. Buka dari pukul 07.00-23.00 WITA.

Ada menu Coto dengan harga Rp 18.000 atau sekitar Rp 12.000 untuk paket hematnya. Tambah degan ketupat pandan hanya Rp 2.000.

19. Hidangan Coto Maros

Hidangan Coto Maros berlokasi di Jalan Urip Sumoharjo, Maccini, Makassar, Kota Makassar. Buka dari pukul 08.00-00.00 WITA.

Coto kuah kental ini punya isian daging yang banyak. Harga per mangkuk coto sekitar Rp 23.000. Kamu bisa menikmatinya dengan es kelapa dengan harga Rp 7.000.

20. Coto Gagak

Rumah makan Coto ini merupakan salah satu restoran legendaris di Makassar, Coto Gagak sudah berdiri sejak tahun 1965 di Makassar.

Coto dengan isian daging sapi dan kuah rempah yang gurih sangat nikmat jika disajikan bersama potongan buras. Coto Gagak terletak di Jalan Gagak Nomor 27.

Kuah dari coto satu ini tidak terlalu berlemak dan berwarna putih, warna kuanya terbilang cukup bening. Seporsi Coto Gagak dibandrol dengan harga Rp 27.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com