Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Resto Chinese Food Halal di Jakarta Barat, Pemiliknya China Muslim

KOMPAS.com - Nuansa islami terasa mulai memasuki restoran ini. Dari pelayan berhijab yang menyambut hingga kaligrafi di dinding restoran.

Resto Sulaiman memang tempat makan chinese food halal. Berdiri sejak 2011 dan berlokasi di Ketapang Business Centre, Jalan Kyai Haji Zainul Arifin A Nomor 10-11, Krukut, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

"Sulaiman itu memang restoran chinese food halal nomor satu di Indonesia. Pemiliknya orang China asli," kata Mujia, supervisor Resto Sulaiman, ketika ditemui Kompas.com di restoran ini pada Rabu (7/2/2024).

Han Yu Zhou atau dikenal dengan nama muslim Sulaiman Han adalah pemilik Resto Sulaiman. Ia seorang China Muslim sejak lahir.

Kedatangannya ke Indonesia sebelum 2011 diniatkan untuk mengenalkan kungfu bersama teman-temannya.

Namun begitu tiba di Tanah Air, Sulaiman merasa kesulitan menemukan makanan yang sesuai seleranya.

Ide membuka restoran chinese food halal pun datang saat itu. Sulaiman mulai merancangnya ketika belum banyak tempat makan masakan china halal di Jakarta.

Sebagian bumbunya juga didapat langsung dari China, lalu dimasak di Resto Sulaiman untuk menjaga cita rasa otentiknya.

"Banyak mengenalkan menu khas China, dari Sichuan maupun Guangdong, rasa manis, asin, pedas, kami sedia semuanya," ujar Mujia.

Sulaiman sendiri berasal dari Xi'an, kota besar di China yang dikenal dengan sejarah dan penduduk muslimnya.

"Di sana (Xi'an) juga tidak memperbolehkan masakan nonhalal masuk ke darah mereka. Jadi semua yang diproduksi halal. Pak Sulaiman paham betul bumbu halal dan nonhalal," ungkap Mujia.

Itu sebabnya, ia merasa tidak kesulitan membuat masakan china dengan rasa otentik seperti di kampung halamannya.

Menu Resto Sulaiman di antaranya adalah Ayam Dingin, Sup Ikan Asam Pedas, Ayam Goreng Pedas Mala, Mie Ayam Porsi Besar, dan Kambing Guling.

Mujia menuturkan, resto chinese food ini sudah mendapat sertifikat halal MUI sehingga aman untuk semua muslim.

"Melalui perkenalan masakan chinese ke muslim Indonesia itu jadi saling memahami budaya masing-masing. Harapannya bisa bersahabat dengan baik, menyatukan seluruh umat muslim di dunia," ungkap Mujia.

Makanan di Resto Sulaiman dijual dengan kisaran harga Rp 58.000 hingga di atas Rp 500.000-an untuk menu daging.


Suasana seperti di kampung halaman

Resto Sulaiman memadukan desain khas China dengan kaligrafi dari Al-quran di dalam restoran. Meja-meja makannya disiapkan empat hingga delapan orang, sama seperti resto chinese food kebanyakan.

Menurut dia, suasana resto dengan warna coklat-krem ditambah hijau ini membuat tamu nyaman dan merasa seperti di kampung halaman. Belum lagi, ada akuarium berisi aneka boga bahari yang diletakkan di lantai satu restoran ini.

Bahan makanan segar itu siap diolah di restoran saat tamu memesan menu seafood. Waktu tunggu untuk penyajiannya berkisar 15-20 menit.

"Masak seafood segar ikan, kepiting, udang, dan kerang cukup sebentar, tetapi proses membersihkannya lumayan lama," kata Mujia.

  • Resep Kalguksu, Makanan Korea Halal untuk Cuaca Dingin
  • Resto Mi Ayam Medan Halal Buka di Jakarta Selatan, Ada Promo Opening

Alat makan steril 

Sejak pandemi Covid-19 2020 lalu, Resto Sulaiman mulai menyediakan alat makan steril di setiap meja. Setiap orang akan mendapatkan satu set alat makan yang terdiri dari mangkuk, piring kecil, sendok, tempat saus, dan sumpit.

Alat makan itu divakum rapat untuk menjaga kesterilannya. Bila sudah kotor, restoran ini menyiapkan piring baru sebagai gantinya.

Tamu bebas memilih tempat duduk yang diinginkan. Bisa di lantai satu, dua, ataupun tiga dengan kapasitas maksimal 150 orang.

Lantai satu bisa digunakan semua orang, lantai dua untuk ruang VIP dan smoking area, serta lantai tiga khusus VIP.

"Tidak ada charge untuk penggunaan ruang tersebut pada hari biasa, kecuali akhir pekan atau saat sedang ramai. Biasanya dikenakan minimum order," tutur Mujia.

Tutup setiap lebaran

Resto Sulaiman biasanya menyiapkan promo Ramadhan untuk menyantap chinese food langsung di tempat. Sementara saat Imlek, restoran ini biasanya menyediakan sajian spesial, seperti kue keranjang versi halal.

"Kalau lagi festival hari-hari tertentu, kayak kue bulan, bakcang, atau pangsit, itu juga dibuat spesial dengan bahan halal," kata Mujia.

Orang China bisa tetap singgah ke Resto Sulaiman sepanjang Imlek, tetapi tidak saat Lebaran atau Idul Fitri.

  • Restoran Chinese Food Mewah Buka di Thamrin, Ada Menu Halal
  • Kulawarga Bali, Tempat Makan Ayam Betutu Halal Bercita Rasa Autentik

"Lebaran kami tutup. Maksimal lima hari untuk merayakan kemenangan Idul Fitri," ujarnya.

Resto Sulaiman buka setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB. Saat ini, tamu bisa makan di tempat atau bawa pulang. Belum ada layanan pesan online.

Terbaru, Resto Sulaiman akan membuka cabang pertamanya di Pantai Indah Kapuk (PIK) dengan konsep yang sama, chinese food halal.

https://www.kompas.com/food/read/2024/02/09/080800575/resto-chinese-food-halal-di-jakarta-barat-pemiliknya-china-muslim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke