Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Soal Kebenaran Susu Kental Manis Bukan Susu dan Manfaatnya

KOMPAS.com - Belakangan ini, ramai muncul asumsi susu kental manis bukan susu di tengah masyarakat. Jika ditilik secara lebih jeli, susu kental manis (SKM) sebenarnya masih masuk dalam kategori susu.

Peraturan Kepala (Perka) Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kategori Pangan menyatakan bahwa susu kental manis adalah produk susu.

Senada dengan BPOM, Mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Agro Kementerian Industri (Kemenperin) Panggah Susanto menjelaskan, susu kental manis merupakan salah satu anasir dari berbagai macam produk turunan susu.

“Apabila produk susu kental manis tidak memenuhi deskripsi sesuai standar tersebut maka izin edar susu kental manis tidak akan dikeluarkan oleh BPOM,” ujar Panggah di Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Beberapa pihak mungkin masih beranggapan susu kental manis bukan susu. Namun, opini ini bisa ditepis jika Anda mengetahui manfaat dari susu kental manis.

Manfaat susu kental manis untuk menu sarapan

Susu kental manis memiliki berbagai manfaat, salah satunya menjadi penambah sumber energi bagi tubuh dalam memulai aktivitas pada pagi hari.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2019 menganjurkan masyarakat untuk memenuhi kecukupan energi sebesar 2.100 kilo kalori (kkal) per hari.

Susu kental manis sendiri memiliki sekitar 130 kkal per saset yang dapat membantu memenuhi asupan energi harian apabila dijadikan sebagai pelengkap makanan khususnya saat sarapan.

Selain itu, susu kental manis juga dapat dikonsumsi sesuai kebutuhan untuk segala usia, kecuali bayi usia 0-12 bulan.

Lantas apakah Anda masih beranggapan bahwa susu kental manis bukan susu?

Jika melihat dari penjelasan tersebut, anggapan susu kental manis bukan susu seolah kurang tepat karena susu kental manis merupakan produk olahan susu yang bermanfaat dan aman dikonsumsi.

Apabila ingin merasakan manfaat dari susu kental manis, Anda bisa mengombinasikan bahan makanan ini dengan berbagai makanan lain seperti pancake, salad buah, hingga sandwich.

Sebagai referensi, berikut tiga kreasi menu sarapan dengan topping susu kental manis yang bisa Anda coba, dikutip Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Crepes teflon cokelat keju

Selain camilan, crepes juga bisa dibuat untuk menu sarapan lezat. Anda bisa mengkreasikan berbagai bahan untuk membuat crepes teflon, seperti rasa cokelat keju dengan susu kental manis dari resep ala sobat Cookpad Holly @Holly1991.

Bahan-bahan:

  • 8 sendok makan (sdm) tepung beras
  • 2 sdm tepung terigu
  • 3 sdm tepung maizena
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 butir telur
  • ½ sendok teh (sdt) vanilli
  • ¼ sdt garam
  • 5 sdm gula pasir
  • 150 ml air
  • 20 gram SKM

Topping:

Cara pembuatan:

1. Campurkan semua bahan tepung lalu aduk rata. Masukkan gula dan air sedikit demi sedikit, aduk hingga rata dan tidak menggumpal.

2. Masukkan susu bubuk dan telur, kocok hingga seluruhnya tercampur rata. Aduk hingga adonan kental, tapi tidak terlalu cair.

3. Panaskan teflon anti lengket, tuang adonan crepes, lalu ratakan hingga adonan terlihat tipis.

4. Jika adonan sudah setengah matang, tambahkan dengan topping parutan keju, meses cokelat, dan SKM. Tunggu hingga adonan berubah kecokelatan. Lalu lipat.

Crepes teflon cokelat keju siap disajikan untuk menu sarapan di pagi hari.

2. Banana pancake salted caramel

Menu sarapan praktis kedua yang bisa Anda buat adalah pancake. Menu ini dapat dipadukan dengan berbagai bahan makanan, mulai dari pisang hingga susu kental manis sebagai topping.

Bahan-bahan

  • 150 ml SKM
  • 100 ml susu cair
  • ½ sdt garam
  • 180 gram tepung pancake
  • 150 ml air
  • 1 butir telur
  • 35 ml SKM untuk adonan
  • Mentega secukupnya

Topping

Cara pembuatan

1. Tuang 150 ml SKM ke dalam panci dan masak hingga menjadi karamel. Selanjutnya, tambahkan susu cair dan garam, lalu aduk rata dan sisihkan.

2. Kemudian di tempat yang berbeda, tuang tepung pancake, air, telur, dan 35 ml susu kental manis, lalu aduk rata.

3. Olesi wajan dengan mentega lalu tuang adonan pancake, masak hingga adonan berubah warna kecoklatan.

4. Setelah matang, susun pancake di atas piring lalu beri tambahan topping berupa potongan pisang dan tuang saus karamel di atasnya.

3. Sweet potato casserole

Casserole adalah salah satu hidangan dari Prancis yang memiliki tampilan mirip lasagna. Makanan ini biasanya terdiri dari keju, sayur, dan daging dengan dominasi rasa gurih.

Seiring waktu, casserole banyak dikreasikan untuk membuat makanan manis, salah satunya dengan bahan sweet potato atau ubi jalar.

Tak perlu pergi ke restoran Prancis, Anda juga bisa membuat casserole ubi jalar sendiri lho.

Bahan-bahan

Cara membuat

1. Panaskan oven hingga 170 derajat Celsius terlebih dahulu.

2. Siapkan mangkuk casserole atau mangkuk anti panas berpenutup dengan semprotan antilengket.

3. Rebus ubi jalar dengan air mendidih sampai empuk.

4. Tiriskan kentang dan pindahkan ke mangkuk biasa, lalu tambahkan SKM, mentega, kayu manis, pala atau jahe, dan garam, aduk sampai lembut.

5. Tuang campuran kentang ke dalam mangkuk yang sudah dilapisi semprotan antilengket sampai rata.

6. Anda bisa menambahkan bagian atas casserole dengan topping seperti choco chips, marshmallow, atau remahan biskuit. Panggang adonan sekitar 15 sampai 20 menit. Angkat dan sajikan.

4. Roti bakar sederhana

Menu terakhir yang bisa Anda coba adalah roti bakar sederhana. Selain mudah dibuat, resep masakan ini selalu menjadi menu sarapan favorit keluarga.

Apabila ingin membuat roti bakar sederhana, Anda bisa menyontek resep roti bakar topping susu kental manis ala Dapur Mama Arsa @Mama_Arsa.

Bahan-bahan

Cara membuat

1. Belah roti tawar menjadi dua bagian dengan bentuk segitiga atau sesuai selera.

2. Olesi roti dengan margarin.

3. Tambahkan topping ceres dan keju, boleh keju parut atau keju lembaran.

4. Kemudian, tambahkan susu kental manis secukupnya.

5. Selanjutnya, panaskan panggangan atau teflon yang sudah dioleskan margarin. Tutup roti dengan bagian yang kosong, lalu panggang selama 5 hingga 7 menit dengan api kecil.

6. Setelah satu bagian matang, lalu dibalik. Pastikan bagian luar roti juga dioleskan margarin.

7. Tunggu sampai roti berwarna kecoklatan. Angkat roti bakar dan sajikan dengan topping susu kental manis.

Itulah sejumlah paparan yang menjelaskan tentang anggapan susu kental manis bukan susu sekaligus manfaat susu kental manis. Perlu diingat bahwa bahan makanan ini sangat aman dikonsumsi jika sesuai takaran atau anjuran yang tertera.

 

https://www.kompas.com/food/read/2023/10/07/080000175/soal-kebenaran-susu-kental-manis-bukan-susu-dan-manfaatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke