Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Restoran Jepang Baru di Senopati Jaksel, Menunya Ada 200 Makanan

KOMPAS.com - Bertambah satu lagi pilihan resto Jepang di Jakarta Selatan, Sushi Toku di Jalan Gunawarman Nomor 39, Kebayoran Baru.

Sushi Toku terdiri dari tiga lantai dengan fungsi area berbeda. Dimulai dari Tatami, Dining Area Teppanyaki dan Sake Bar, serta ruangan VIP dan VVIP di lantai tiga.

Ada tujuh sekat di area makan tatami yang bisa diisi oleh empat hingga enam orang per sekatnya.

Sushi bar terletak persis di depan tatami, menampilkan potongan ikan dan koki profesional yang mengolah langsung ikan mentah untuk para tamu.

Naik ke lantai dua, area makan, dapur teppanyaki, dan bar terlihat jelas. Semuanya kental dengan interior kayu dan kaca seperti di Jepang.

Total kapasitas Sushi Toku mencapai 300 orang. Meski ruangannya dibagi menjadi beberapa lantai, tamu bebas menyantap makanan di area mana saja selama masih kosong.

Khusus VIP, restoran ini menyediakan VIP I dan VIP II yang bisa digabung menjadi 15-18 orang tanpa sekat.

Tamu harus memesan makanan dan minuman seharga minimum Rp 2 juta untuk menggunakan ruangan VIP.

Sementara di lantai tiga, tamu bisa menempati area VIP III dan VIP IV, serta ruang VVIP berkapasitas tujuh orang yang dikelilingi kaca dan balkon.

Semua ruang VIP dan VVIP dilengkapi fasilitas tanpa CCTV untuk menjaga privasi para tamu.

Ratusan makanan dan minuman khas Jepang bisa dinikmati di Sushi Toku. Semua bahan makanannya premium, menjadikannya berbeda dibandingkan dengan cabang Sushi Toku lain.

"Dari segi menu, berbagai macam menu yang kami sediakan memang lebih premium," kata perwakilan Sushi Toku saat ditemui Kompas.com di Sushi Toku Gunawarman, Senin (24/7/2023).

Sushi Toku menjual banyak menu fusion Jepang dengan menjaga keaslian asal Jepang sebesar 30 persen dari keseluruhan menu.

Mulai dari Sushi, Sashimi, Soup, Salad, Kaisendon, Donburi, Ramen, Teppanyaki, Yakimeshi, Sukiyaki, Tempura, Robatayaki, hingga Hobayaki, tersedia di restoran ini.

"Sebagian besar ikan dan bahan baku lain, langsung kami terbangkan dari Jepang. Itu sebabnya disebut premium," tambah dia.

Tuna Pizza, Toro Bluefin Sashimi, Fresh Oyster with Wasabi Sauce, Live Lobster Sashimi, Sushi Matsu, Crispy Mentai Aburi Roll, Ebi Furai Taco, Beef Steak Don, Spicy Ramen, hingga Beef Hobayaki tersedia di Sushi Toku.

Harga makanan di Sushi Toku berkisar Mulai Rp 38.000 hingga Rp 1 jutaan.

Belum lagi ragam menu minuman dan sajian penutup yang juga wajib untuk dipesan selama berada di Sushi Toku.

Ada koktail, seperti Ame-No-Uzume, Ebisu, Hachiman, dan Susanoo, moktail yang terdiri dari Sakura dan Tropical Colada, serta dessert berupa Toku Banana, Sakura Blossom, Bonsai Garden, dan Lemon Yuzu.

Kisaran harga makan per orang di Sushi Toku adalah Rp 400.000 hingga Rp 450.000, tergantung menu yang dipilih.

Spesialnya, Sushi Toku menyediakan menu musiman yang tak banyak tersedia di restoran lain, seperti Sujiko, Shirako, Shiro Ebi, dan Tsubugai.

Menu olahan ikan tersebut umumnya tersedia mulai akhir tahun hingga awal tahun, menyesuaikan suplai ikan langsung dari Jepang.

Harga seasonal menu di Sushi Toku mulai dari Rp 95.000. Namun, bisa jadi berubah karena mengikuti harga pasar.

Sushi Toku Gunawarman berdiri pada akhir 2022. Sebelumnya, restoran Jepang ini sudah ada di Surabaya dan Bali.

Pembukaan cabang Sushi Toku lainnya di Jakarta juga tak menutup kemungkinan. Namun, belum dalam waktu dekat.

Interior, eksterior, hingga menu Sushi Toku Gunawarman lebih mewah dan premium dibandingkan dengan cabang di Surabaya dan Bali.

"Tidak semua menu yang ada di cabang Gunawarman itu ada di Surabaya dan Bali. Paling lengkap memang ada di Surabaya, tetapi di sini paling premium," tutur perwakilan Sushi Toku.

Sushi Toku mendesain restoran Jepang ini dengan konsep mewah. Bangunannya didominasi oleh kayu yang didesain langsung oleh Andra Matin, arsitek ternama di Indonesia.

Tamu akan melewati lorong panjang dengan dinding saat memasuki Sushi Toku Gunawarman ini.

Kesan tenang sekaligus megah juga dirasakan ketika menjajaki anak tangga menuju lantai dua. 

Sushi Toku buka setiap Minggu hingga Kamis pukul 11.00-23.00 WIB dan Jumat hingga Sabtu pukul 11.00-00.00 WIB.

Reservasi Sushi Toku bisa dilakukan via Chope dan WhatsApp di 0819 1910 8888.

https://www.kompas.com/food/read/2023/08/04/081810975/restoran-jepang-baru-di-senopati-jaksel-menunya-ada-200-makanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke