Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Geblek Kulon Progo Disusun Sepanjang 710 Meter Pecahkan Rekor Muri

KULON PROGO, KOMPAS.com – Geblek disusun berbaris sepanjang 710 meter mengeliling alun-alun Wates, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kuliner khas Kulon Progo berbahan tepung singkong ini ditata di atas daun pisang berplastik pada meja bambu yang memutari pusat kota Wates.

Warga berebut mengambil panganan itu usai geblek berhasil melingkari alun-alun.

“Terpanjang di dunia dan Indonesia. Panjangnya 710 meter,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo, Joko Mursito, Sabtu (22/10/2022).

Geblek merupakan gorengan berbahan tepung singkong, berbeda dengan cireng dari sagu.

Kuliner tersebut jajanan khas Kulon Progo yang dibentuk melingkar seperti angka delapan dan berwarna putih bersih.

Panganan ini laris di antara warga. Mereka biasanya mengonsumsi geblek bersama tempe bacem atau tempe yang dimasak besengek atau berkuah santan kental.

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui Dinas Pariwisata menggelar aksi membuat geblek terpanjang sebagai salah satu kegiatan dari promosi wisata melalui Menoreh Tourism Festival (MTF) 2022.

  • Es Tape Legendaris di Kulon Progo, Buka di Daerah Rawan Begal
  • 3 Kuliner Unik Khas Kulon Progo, Nasi Nuk Santri sampai Dawet Sambel

Selain geblek terpanjang, Pemkab Kulon Progo membuat pameran ekonomi kreatif dan parade atraksi dan budaya dari 22 kontingen.

Rangkaian festival merupakan bagian dari kemeriahan HUT ke-71 Kulon Progo.

“Panjang 710 itu karena (menggambarkan) kita sedang ulang tahun yang ke-71,” kata Joko.

Banyak perajin geblek dari berbagai daerah turun ke ajang ini. Salah satunya Clara Yanti Suryani seorang pedagang geblek dari Pedukuhan Klepu, Kalurahan Banjararum, Kapanewon Kalibawang.

Clara membuat sedikitnya 14 kilogram adonan yang sudah disiapkan sejak semalam. Ia bersama beberapa karyawan mulai bersiap masak sejak subuh di alun-alun.

Clara mengaku ikut serta karena ingin makanan khas ini naik kelas, tidak hanya jajanan tradisional. Ia berharap geblek semakin dikenal.

"Ikut bangga karena geblek semakin dikenali dan menembus level nasional," kata Sumini.

Ajang seperti ini tentu sangat diperlukan UMKM seperti dirinya. Ia yang jualan geblek sejak 2018, telah memiliki lima varian rasa memasarkan produknya hingga Yogyakarta dan berbagai pulau di Indonesia. Beberapa warga Kulon Progo di luar negeri juga membelinya.

Lewat aksi ini maka geblek akan semakin dikenal. "Ayo kita dorong ke taraf lebih tinggi lagi," kata Clara.

Pedagang geblek asal Kalurahan Jatisarono, Kapanewon Nanggulan, juga terlihat ikut memeriahkan geblek terpanjang.

  • 6 Tempat Makan Sekitar Jalan Palagan Tentara Pelajar Yogyakarta, Harga Mulai Rp 10.000
  • 5 Tempat Makan di Sekitar Obelix Hills Yogyakarta, Jaraknya Mulai 500 Meter

Perajin geblek bernama Sumini ini mengaku ikut serta karena kebanggaannya pada produk yang sudah dijualnya sejak 1998. Saat itu belum banyak orang jualan camilan serupa.

Seiring dengan usia, geblek semakin dikenal dan banyak penggemarnya. Ia saat ini memiliki lima warung dan mempekerjakan 10 orang.

"Awalnya, saya jualan sendiri karena dulu belum ada yang jualan malam saat itu. Sekarang sudah banyak," kata Sumini.

Ia pun mengaku termotivasi ikut aksi membuat geblek terpanjang. Ia menyiapkan bahan dan alat sejak Jumat sore. Ia membuat 15 kilogram adonan untuk membuat 600-700 butir gorengan geblek.

Ia meyakini geblek ini nanti bisa disusun hingga 35,5 meter. Hal serupa dilakoni perajin lain hingga geblek berbaris memutari alun-alun.

“Kami bangga nama geblek membawa harum Kulon Progo,” kata Sumini.

Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) menyematkan geblek terpanjang ini sebagai rekor dunia Indonesia.

Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana menerima piagam rekor Muri itu di tengah penyelenggaraan Menoreh Tourism Festival 2022.

Ketua Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) perwakilan Jawa Tengah, Sri Widayati mengungkapkan, Kulon Progo telah banyak mencatatkan rekor selama ini.

Di antaranya, pembuatan gula kelapa dengan tinggi 3,5 meter dan berat tiga ton. Pernah pula mencatatkan aksi cuci tangan serentak dengan peserta terbanyak lebih dari 9.000 pada 2007.

  • 8 Tempat Makan Ayam di Yogyakarta yang Terkenal Enak
  • Resep Lupis Ketan Hitam, Jajan Pasar Khas Yogyakarta

MURI mencatat Kulon Progo menanam sengon terbanyak yakni 300.000 pohon pada 2013, menabuh karawitan secara non stop terlama pada 2017 dan memiliki underpass terpanjang di 2020.

Kini, Kulon Progo mencatat geblek terpanjang. “Pemrakarsa dan penyelenggara penyajian geblek terpanjang 710 meter,” kata Sri Widayati.

Aksi Kulon Progo mendapat tertimoni dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang mengharapkan MTF meningkatkan promosi dan potensi di destinasi wisata Kulon Progo dan sekitarnya, baik potensi keindahan alam maupun kearifan lokal.

“Pemecahan rekor MURI dalam pembuatan geblek sebagai highlight di penyelengaraan Menoreh Tourism Festival 2022 ini diharapkan menjadi daya tarik yang menampilkan keberagaman dan kekayaan budaya,” kata Sandiaga.

https://www.kompas.com/food/read/2022/10/23/073200475/geblek-kulon-progo-disusun-sepanjang-710-meter-pecahkan-rekor-muri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke