Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Susu Kental Manis di Resep Peanut Butter dan Jelly Sandwich

KOMPAS.com – Susu kental manis merupakan salah satu topping atau pelengkap sarapan yang populer di Indonesia. Makanan yang sering dikombinasikan dengan susu kental manis untuk menu sarapan adalah roti tawar.

Kreasi roti tawar dengan susu kental manis pun beragam. Salah satunya adalah peanut butter dan jelly sandwich, yakni roti tawar yang dipadukan dengan selai kacang dan selai buah manis.

Penganan asal Amerika Serikat (AS) ini bisa dibuat sendiri di rumah. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat mudah ditemui di minimarket atau toko dekat rumah.

Selain itu, Anda juga bisa melengkapinya dengan menambahkan susu kental manis agar peanut butter dan jelly sandwich semakin lezat.

Berikut tiga resep kreasi peanut butter jelly sandwich dengan susu kental manis sebagai topping yang dirangkum Kompas.com dari berbagai sumber.

1. Peanut butter dan jelly sandwich klasik

Peanut butter dan jelly sandwich (PB&J) klasik dengan susu kental manis merupakan menu makanan sederhana yang mudah dibuat. Menu ini cocok bagi Anda yang tidak punya cukup waktu untuk membuat sarapan saat pagi hari.

Resep menu peanut butter dan jelly sandwich dengan tambahan susu kental manis bisa dibuat berdasarkan resep dari @Cint_h di Cookpad berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 1 bungkus roti tawar
  • 8-10 sdm selai kacang
  • 8-10 sdm selai buah stroberi

Topping:

  • Susu kental manis secukupnya

Cara pembuatan:

1. Siapkan beberapa roti tawar sesuai dengan selera.

2. Olesi roti tawar satu bagian menggunakan selai buah stroberi dan bagian lain dengan selai kacang.

3. Tambahkan dengan susu kental manis sesuai dengan selera.

4. Tangkupkan roti menjadi satu dan potong menjadi beberapa bagian dengan bentuk sesuai selera. Bisa dengan bentuk segitiga layaknya sandwich.

Sajikan tradisional peanut butter dan selai strawberry dengan susu kental manis di atas piring. Perpaduan sandwich dengan susu kental manis cocok disantap saat pagi hari bersama teh atau kopi.

Untuk diketahui, roti gandum terbukti tinggi serat dan karbohidrat kompleks. Selain itu, roti ini juga mengandung banyak vitamin yang aman buat tubuh. Jadi, bagi Anda yang sedang diet, roti gandum adalah pilihan yang tepat.

Sebagai tambahan rasa dan nutrisi, Anda juga bisa menambahkan sejumlah topping bergizi pada roti gandum, mulai dari selai kacang, selai buah, potongan buah, atau susu kental manis.

Perpaduan antara roti gandum dengan topping susu kental manis ini bisa menjadi menu sarapan favorit yang paling dinanti oleh keluarga. Apalagi jika diolah dengan cara dipanggang.

Anda pun bisa memanggang roti di atas teflon agar memiliki hasil yang lebih renyah dan garing.

Salah satu menu sarapan yang wajib dicoba adalah roti panggang peanut butter dan jelly dengan topping susu kental manis. Dilansir Allrecipes, berikut resep roti panggang peanut butter and jelly dengan topping susu kental manis.

Bahan-bahan:

  • 2 sdm mentega atau margarin
  • 2 lembar roti gandum
  • 1 sdm peanut butter atau selai kacang
  • 2 sdm jelly atau selai buah stroberi

Topping:

  • 3 sdm susu kental manis
  • Potongan buah sesuai selera

Cara pembuatan:

1. Siapkan dua lembar roti gandum.

2. Oleskan satu bagian dengan peanut butter dan satu bagian lain dengan selai buah stroberi.

3. Satukan dua lembar roti gandum yang sudah dioles tadi menjadi satu bagian.

4. Panaskan teflon anti lengket yang sudah diolesi dengan mentega atau margarin.

5. Panggang roti gandum di atas teflon. Jangan lupa untuk membalik-balikan roti gandum sampai berubah warna cokelat keemasan.

Sajikan roti panggang peanut butter dan jelly di atas piring selagi hangat. Jangan lupa untuk memberi potongan buah dan susu kental manis di atasnya.

Alhasil perpaduan roti panggang, peanut butter, jelly, dan susu kental manis bisa membuat menu sarapan menjadi lebih lezat dan berbeda dari biasanya.

French toast peanut butter dan blueberry jelly merupakan salah satu varian PB&J yang populer di AS. Berbekal bahan yang mudah untuk ditemukan di dapur, penganan satu ini bisa membuat perut menjadi kenyang sekaligus menambah energi untuk beraktivitas seharian.

Selain itu, penganan ini juga bisa Anda kombinasikan dengan susu kental manis yang semakin menambah kenikmatan sarapan pagi bersama keluarga tercinta.

Dilansir Amummytoo.co.uk, berikut resep French toast peanut butter dan jelly cukup mudah dibuat di rumah praktis. Berikut cara pembuatannya.

Bahan-bahan:

  • 4 lembar roti tawar
  • 2 butir telur
  • 4-6 sdm peanut butter
  • 4-6 jelly atau selai buah blueberry
  • 2 sdm mentega atau margarin

Topping:

  •  Susu kental manis
  • Potongan buah blueberry

Cara pembuatan:

1. Siapkan dua butir telur di dalam piring lalu kocok telur hingga tercampur.

2. Siapkan empat lembar roti tawar. Lalu celupkan kedua sisi roti tawar ke dalam telur yang sudah dikocok tadi.

3. Panaskan teflon anti lengket yang sudah diolesi dengan margarin atau mentega.

4. Panggang roti tawar yang sudah dicelupkan ke dalam telur sampai berubah warna menjadi cokelat keemasan.

5. Jika sudah matang, sajikan roti tawar tersebut di atas piring. Lalu olesi dengan selai kacang dan selai buah blueberry.

6. Lalu tambahkan dengan potongan buah blueberry dan susu kental manis.

7. Satukan dua lembar roti tawar yang sudah dioles menjadi satu bagian.

Sajikan French toast peanut butter dan jelly sandwich dengan susu kental manis untuk menu sarapan bersama keluarga.

Itulah tiga kreasi peanut butter dan jelly sandwich dengan tambahan susu kental manis yang kaya rasa dan mudah dibuat di rumah.

Jangan lupa untuk membeli susu kental manis yang asli dengan nilai takaran gizi tertera pada kemasannya.

Susu kental manis yang dijual di pasaran juga memiliki harga terjangkau dengan memiliki banyak varian, mulai dari saset, pouch, hingga kaleng.

Di samping itu, susu kental manis memiliki rasa lezat dan tekstur yang lembut, sehingga cocok dijadikan pelengkap makanan dan minuman. Tidak heran jika susu kental manis digemari masyarakat Indonesia.

Sebagai salah satu produk olahan susu populer, susu kental manis dapat menambah kebutuhan energi dan cocok dijadikan pendukung gaya hidup aktif sehari-hari.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 28 Tahun 2019 menganjurkan masyarakat untuk memenuhi kecukupan energi sebesar 2.100 kkal per hari.

Susu kental manis dengan kandungan energi 130 kilokalori (kkal) per sasetnya dapat mendukung pemenuhan energi harian. Selain itu, susu kental manis juga mengandung berbagai vitamin dan mineral.

Konsumsi susu kental manis secara rutin yang dipadukan dengan pola hidup dan makan sehat serta olahraga rutin akan membantu pemenuhan gizi baik bagi Anda dan keluarga.

https://www.kompas.com/food/read/2022/09/26/130900675/susu-kental-manis-di-resep-peanut-butter-dan-jelly-sandwich

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke