Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berawal dari Usaha Lapis Legit Rumahan, Sukses Buka Lebih 20 Gerai

KOMPAS.com -Lapislapis, sebuah usaha rumahan lapis legit sukses mendirikan lebih dari 20 gerai yang tersebar di Jakarta.

Usaha makanan ini bermula dari kecintaan menghadirkan kue tradisional dan dimulai pada 1980.

Saat itu, namanya dikenal dengan Yanti Lapis Legit milik Yanti Gunawan, lalu berganti nama menjadi Lapislapis pada 2004.

Usaha kue ini lantas dilanjutkan oleh anaknya Tony Soekanto dan berbuah manis.

Berkat bantuan informasi dari mulut ke mulut, serta inovasi yang dilakukan oleh Tony, usaha lapis legit itu berhasil mendirikan toko pertamanya di Mall Kelapa Gading.

"Buka toko pertama di Mall Kelapa Gading, lalu berinovasi membuka kafe pertama yang diberi nama Lapislapis pada 2010, hingga saat ini hadir di seluruh mal di Jakarta dan menjadi pilihan keluarga Indonesia," ujar Tony saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/1/2022).

Banyak melakukan inovasi

Tony mengaku melakukan berbagai inovasi untuk mempertahankan bisnis yang didirikan oleh orang tuanya. Salah satunya dengan mempertahankan resep warisan keluarga.

"Konsistensi juga sangatlah penting dan menjadi kunci utama kami untuk tetap menjaga cita rasa lapis legit sejak 1980," kata Tony.

Tak hanya konsistensi resep, keputusannya menghadirkan aneka variasi lapis legit juga menjadi bentuk inovasi yang dilakukan Tony.

Sebelumnya, Yanti hanya membuat dua varian lapis legit, yakni original dan spekoek, lalu Tony menciptakan belasan varian lainnya.

"Sampai saat ini Lapislapis sudah memiliki lebih dari 20 varian lapis legit dan lapis surabaya," kata Tony. 

"Perpaduan antara warisan resep keluarga tradisional dan modern telah menciptakan varian lapis legit yang unik dan lezat yang digemari oleh para pelanggan kami," ujarnya.

Beberapa varian lapis legit yang dibuatnya adalah prune, keju, almond, cokelat, pandan, kopi, moka, durian, dan cempedak.

Selain itu, ia menyampaikan bahwa belakangan ini dirinya membuat inovasi terbaru berupa Kue Kering Lapis legit.

"Ini sebagai perpaduan antara tradisional dan modern, yang bisa dinikmati segala usia dan setiap saat," kata Tony.

  • 11 Cara Membuat Lapis Legit, dari Pemilihan Bahan hingga Tips Simpan
  • Cara Toko Lapis Legit Premium di Jakarta Bertahan Selama Hampir 50 Tahun

Lapislapis merambah bisnis online

Sementara itu, di samping meningkatkan kualitas produk, usaha lapis legit yang dipimpin Tony juga mulai merambah bisnis online.

Bagi Tony, promosi melalui sosial media mampu membantu mempertahankan usahanya. Terlebih saat keterbatasan akses pada awal pademi Covid-19 lalu.

"Melalui media sosial ini, ada Instagram dan TikTok, membuat kami semakin berinovasi dan berkembang, apalagi sekarang sudah menuju metaverse ya," jelasnya.

Berkat kerja kerasnya, Lapislapis milik Tony kini berhasil membuka gerai di seluruh mal di Jakarta dengan total lebih dari 20 toko.

"Total store sendiri itu ada enam dan terus berkembang. Gerai di food hall itu kita sudah punya kurang lebih 15 dan akan terus bertambah seiring banyaknya mal di Jakarta," pungkasnya.

https://www.kompas.com/food/read/2022/01/25/202200675/berawal-dari-usaha-lapis-legit-rumahan-sukses-buka-lebih-20-gerai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke