Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apa Bedanya Kurma Ajwa dengan Kurma Biasa?

KOMPAS.com - Kurma ajwa adalah salah satu kurma premium yang mahal harganya. Biasanya kurma dijadikan sebagai bingkisan dan dibungkus dengan kemasan yang mewah. 

Kurma ajwa menjadi primadona karena rasanya yang unik dan bermanfaat bagi kesehatan. 

Berikut Kompas.com rangkum perbedaan kurma ajwa dan kurma lainnya. Bisa jadi pertimbangan saat membeli kurma.  

Dilansir dari buku "Kurma dari Gurun ke Tropis" oleh Desi Sayyidati Rahimah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, kurma ajwa berbentuk bulat tetapi ukurannya agak kecil.

Bahkan jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya, seperti kurma khalas atau kurma sukarai, ukuran kurma ajwa ialah yang terkecil. 

Untuk warnanya sendiri, kurma ajwa berwarna coklat kehitaman. Lebih pekat daripada kurma biasa yang umumnya berwarna kecoklatan.

Jika diamati lebih jeli, permukaan kurma ajwa pun berbeda dengan kurma lainnya. Kurma ajwa terlihat lebih mengerut jika dibandingkan jenis kurma lainnya. 

2. Rasa dan tekstur 

Kurma ajwa memiliki rasa yang tidak terlalu manis, ada sedikit asamnya, hampir mirip dengan kismis. Sementara, kebanyakan jenis kurma lainnya rasanya dominan manis. 

Untuk teksturnya sendiri, kurma ajwa tidak terlalu lembut karena terdapat kerutan di permukaannya. Namun daging buahnya terasa halus dan lembut saat dikunyah. 

Dilansir dari ScienceDirect, kurma ajwa memiliki kadar gula 77 persen, yang terdiri dari: 0,5 persen sukrosa, 34,5 persen glukosa, dan 25,6 persen fruktosa. 

Selain itu, terdapat pula kandungan mineral sebanyak tiga persen. Jumlah tersebut lebih banyak daripada kurma biasa yang hanya 1,5 sampai 2,7 persen. 

Jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya, kandungan kalsium pada kurma ajwa pun lebih tinggi, yakni sekitar 1,22 gram per 100 gramnya. 

Kandungan inilah yang lantas membuat kurma ajwa tetap digemari sekalipun harganya mahal. 

Seseorang yang mengonsumsi kurma ajwa, akan terjaga imunitasnya dan terhindar dari penyebaran sel kanker maupun penyakit akibat gangguan peredaran darah. 

Penderita diabetes tipe 2 pun boleh mengonsumsi kurma ajwa karena kandungan gulanya bersifat monosakarida.  

Buku "Kurma dari Gurun ke Tropis" oleh Desi Sayyidati Rahimah terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara online di Gramedia.com

https://www.kompas.com/food/read/2021/04/13/200700075/apa-bedanya-kurma-ajwa-dengan-kurma-biasa-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke