Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unri: Aturan Baru UKT 2024 Sampai 7 Kelompok, Kecuali 2 Fakultas Ini

Kompas.com - 21/05/2024, 11:38 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Mahar Prastiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Riau (Unri) menetapkan aturan baru Uang Kuliah Tunggal (UKT) Tahun 2024 hanya sampai tujuh kelompok saja.

Keputusan Unri ini didapatkan setelah setelah menimbang masukan dari berbagai pihak. Awalnya, Unri akan menambah kelompok UKT menjadi 12 kelompok. Informasi besaran UKT ini akhirnya diterima oleh mahasiswa.

Namun rencana penambahan kelompok UKT oleh Unri, ditentang sejumlah mahasiswa. Karena dengan penambahan kelompok, mahasiswa menganggap UKT semakin tidak bisa digapai mahasiswa karena mahal.

Baca juga: Puluhan Camaba Unri Mundur karena UKT Mahal, Kemendikbud: Bisa Minta Keringanan

Beberapa waktu lalu, mahasiswa juga sempat melakukan demonstrasi dan ramai di media sosial.

Kemudian, Presiden Mahasiswa Universitas Riau (Unri) Muhammad Ravi ikut bersuara di depan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada tanggal 16 Mei 2024. Ia menyebut ada 50 calon mahasiswa baru mundur.

Tetapi kini Unri menerbitkan Surat Keputusan Rektor Universitas Riau (UNRI) Nomor 1143/UN19/KPT/2024 tentang Penetapan tarif Uang Kuliah Tunggal (UKT), yang terdapat 12 Kelompok UKT.

"Setelah ada masukan dari masyarakat dan mahasiswa, maka kelompok UKT diberlakukan hanya sampai UKT 7 saja," tulis pengumuman Unri di laman resminya pada Sabtu, (18/5/2024).

Baca juga: 10 PTN Menaikkan Biaya Kuliah 2024, Ada UI dan UGM

Adapun penetapan UKT Unri sampai 7 kelompok untuk Tahun Ajaran 2024/2025, tetap memperhatikan aspirasi dan kesulitan ekonomi masyarakat, serta dengan prinsip-prinsip keadilan.

Hanya saja, khusus jurusan di dua fakultas yaitu Fakultas Keperawatan dan Fakultas Kedokteran, tidak menerapkan UKT dalam tujuh kelompok. Namun sampai saat ini, belum ada info apakah kelompok UKT dua fakultas ini sampai 12 atau tidak.

Untuk meringankan biaya kuliah Unri memfasilitasi beasiswa bekerja sama dengan berbagai pihak dalam penyediaan beasiswa.

Seperti beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Kesehatan, Pemerintahan Provinsi Riau, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Bank Indonesia (BI), PT. Djarum, Tanoto Foundation, dan lain-lain.

Adapun data penerima beasiswa di UNRI tahun 2022 adalah 8.693 mahasiswa program Sarjana (S1), 52 Mahasiswa Program Pascasarjana (S2), terbagi ke dalam 99 jenis beasiswa.

Lalu pada tahun 2023, jumlah penerima beasiswa adalah 9.639 mahasiswa program Sarjana (S1), 94 mahasiswa program Pascasarjana (S2) dengan 44 jenis beasiswa.

Baca juga: 6 PTN Pastikan UKT 2024 Tidak Naik, Ada Unhas, Undip, Unair

Untuk tahun 2024 (data per 15 April 2024), jumlah mahasiswa penerima beasiswa adalah 9.109 mahasiswa (S1) yang terbagi ke dalam 33 jenis Beasiswa.

Unri juga memiliki Unit Pengelola Zakat (UPZ) yang berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau dalam menyalurkan bantuan UKT kepada mahasiswa yang berhak.

Dari semester Ganjil 2021 hingga semester Genap 2023, UPZ UNRI telah menyalurkan bantuan UKT untuk mahasiswa UNRI sebesar Rp 721.414.000 dengan jumlah penerima 492 mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com