Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud Siapkan Program, Lulusan S1 Pendidikan Bisa Daftar Jadi ASN

Kompas.com - 15/05/2024, 10:01 WIB
Sania Mashabi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) tengah merancang program agar lulusan D4 dan S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) atau Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) bisa langsung jadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud Nunuk Suryani mengatakan, setelah mendapatkan penempatan sebagai ASN, lulusan tersebut baru bisa menempuh Pendidikan Profesi Guru (PPG).

"Kami juga sedang merancang program untuk para lulusan S1/D4 kependidikan agar bisa langsung mendaftar menjadi ASN, setelah mendapatkan penempatan nantinya akan bisa menempuh pendidikan PPG," kata Nunuk dikutip dari laman keterangan tertulis, Rabu (1/4/2024).

Baca juga: PPG Prajabatan UNJ 2024 Telah Dibuka, Cek Jadwal dan Link Pendaftarannya

Nunuk melanjutkan, pihaknya terus melakukan transformasi pada program prioritas, salah satunya adalah PPG.

Menurut dia, informasi transformasi program PPG sangat penting untuk para guru di sekolah yang belum tersertifikasi, baik yang masih menunggu dipanggil untuk Sertifikasi Pendidik, maupun lulusan S1 atau D4 yang ingin menjadi guru.

"Inilah kesempatan yang berharga untuk bersama-sama berdialog akan transformasi tersebut," ujarnya.

Selain itu, Kemendikbud kata Nunuk, juga fokus untuk mengatasi masalah kondisi gawat darurat kekurangan guru SD. Oleh karena itu, Kemendikbud juga akan melakukan redistribusi.

"Linearitas yang disempurnakan ini dilakukan untuk mengatasi kegawatdaruratan guru SD. Contohnya adalah guru mata pelajaran Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Indonesia, IPA, IPS, PPKN, dan PG PAUD sudah linear dengan SD," jelas Nunuk.

Baca juga: 3 Beasiswa S2 dan S3 LPDP 2024 Luar Negeri yang Sekarang Masih Buka

Pendaftaran PPG Prajabatan

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Direktur PPG, Adhika Ganendra, mengatakan, pada seleksi PPG tahun 2024, peserta yang lolos akan ditempatkan berdasarkan pilihan lokasi mengajar saat pendaftaran.

Kuota PPG Prajabatan yang dibuka saat ini, kata Adhika, juga telah mempertimbangkan jumlah kekosongan guru tahun 2025 dan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) penyelenggara PPG serta izin bidang studi PPG yang tersedia pada masing-masing provinsi.

"Kuota PPG 2024 telah melewati dua pertimbangan tersebut, kami harapkan adanya persaingan antarcalon peserta di masing-masing provinsi dengan harapan meningkatkan kualitas guru di daerah tersebut," kata Adhika.

Adapun pendaftaran PPG Prajabatan tahun 2024 masih dibuka hingga 15 Mei 2024 dengan mengakses laman ppg.kemdikbud.go.id.

Kemudian klik "Daftar PPG Prajabatan" di pojok kanan atas, terkait Informasi lengkap tentang syarat dan tata cara pendaftaran juga bisa diakses melalui laman tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com